Published On: Fri, Mar 26th, 2021

Di Hadiri Bupati Loteng, Tim Pusterad  Gelar Asistensi Teknis Penyelenggaraan  Komsos Tingkat Kodim

dibaca 16 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Komando Distrik Militer (Kodim) 1620/Loteng  menerima kunjungan kerja Tim Pusat Teritorial Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Pusterad) Kolonel Inf Pranito dalam rangka melaksanakan program kerja kegiatan Asistensi Teknis Penyelenggaraan Komsos Tingkat Kodim, di Aula Serbaguna Makodim 1620/Loteng  jalan Gajah Mada No. 101 Praya Lombok Tengah, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan Asistensi Teknis Penyelenggaraan Komsos tersebut di hadiri oleh, Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri. S.I.P, Ketua Tim Asnis Kolonel Inf Pranito beserta Tim, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP, Kapolres Loteng diwakili Kabak ren Kompol I Wayan Suryawan, Kadis pertanian Loteng, Perwira Staf Kodim 1620/Loteng, Camat Pringgarata, Kades Toga,Toma,Toda, Ormas, Pramuka serta Perwakilan Babinsa dan Babinkantibmas.

Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengucapkan Selamat datang kepada Ketua Tim Asistensi Teknis  Pusterad. Karena Kegiatan  ini di gelar sekaligus untuk menjalin hubungan silaturrahmi dengan Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara Kodim 1620/Loteng dengan Pemerintah Daerah.

“ Kami berharap kegiatan ini menjadi tolak ukur satuan secara obyektif  untuk menunjang tugas satuan kami agar kedepannya lebih baik dalam melakukkan Komunikasi Sosial dengan komponen lainnya di wilayah,” jelas Dandim Loteng.

Lanjutnya, Kami senantiasa melaksanakan tugas secara bersama sama baik dengan pemerintah Daerah dan Pihak kepolisian untuk membantu masyarakat, kegiatan ini  merupakan salah satu  Suport  bagi kami untuk kemajuan tugas tugas kami kedepan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Asistensi Pusterad Kolonel Inf Pranito mengatakan, pelaksanaan Asistensi Teknis ini berkaitan dengan pelaksanaan Program Kerja Kodim 1620/Loteng  terutama dalam aspek penyelenggaraan perlawanan wilayah.

Sebagai kebijakan Angkatan Darat tahun 2021 yang menitik beratkan  pada kegiatan teritorial Komunikasi Sosial (Komsos), agar Kebijakan Pemerintah Daerah singkron dengan cara menyusun tata ruang dalam bidang Pertahanan Wilayah Darat.

Karena ada Tiga wilayah yang perlu dilakukan yakni Kawasan tata Ruang, Kawasan budidaya dan Kawasan lindung dimana kegiatan tersebut harus berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah tingkat bawah untuk betul betul dipikirkan sesuai dengan RT, RW Korwil setempat.

“Lakukan kegiatan  kemasyarakatan diantaranya Komsos, Silaturrahmi dengan tokoh masyarakat maupun dengan pemerintah tingkat bawah,”jelas Kolonel Pranito.

Sehingga dalam pelaksanan kegiatan harus melibatkan Komponen Bangsa maupun komponen Masyarakat terkait  kerjasama dengan semua pihak agar kegiatan bisa berjalan secara transparan dan berjalan dengan baik tanpa ada hambatan. Serta gunakan kegiatan ketahan pangan dimana saat ini dalam masa Pandemi lakukan pemberdayaan daerah untuk swasembada pangan secara mandiri ,”sambungnya.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan Protokol kesehatan harus diutamakan, berikan pemahaman kepada masyarakat lakukkan komunikasi sosial bagaimana mempengaruhi untuk dapat mengubah menset masyarakat agar protokol kesehatan menjadi  kebutuhan hidup.

“Kepada seluruh Babinsa agar tetap menjaga sinergitas baik dengan instansi pemerintahan, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda yang ada di wilayah, sehingga kita dapat mensukseskan program pemerintah yang lebih baik lagi ke depan,”terangnya.

Sementara, Bupati Lombok Tengah H. L. Pathul Bahri S.IP dalam sambutannya mengatakan Pemerintah daerah juga memiliki rencana tata ruang  seperti di TNI AD, dimana Kab. Loteng saat ini menjadi Juara satu dalam penataan ruang, di bidang Pertahanan, ekonomi kita harus lakukan bersama dan bersinergi dengan TNI Polri, dimana sebagai pelayan masyarakat kami sudah memilah wilayah yang ada di Lombok tengah menjadi tiga Zona yakni  Aik Meneng, Tunjung Tilah, Empak Bau dimana Zona Empak Bau termasuk Zona Wilayah KEK Mandalika.

“Jadi Senergitas ini sangat penting guna menjaga ketertiban, keamanan untuk kemajuan masyarakat Lombok Tengah, jelas Bupati Loteng.

Lanjutnya. Dalam membangun Kabupaten Lombok Tengah jangan kita berpikir untuk kita sendiri berpikir namun kita harus berpikir untuk kemajuan anak cucu kita kedepannya sehingga kita bisa temukan  bagaimana cara kita untuk menata tata ruang yang tepat untuk pertahanan wilayah,”tutupnya.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah