Published On: Tue, Jan 28th, 2020

Ancaman Virus Corona, Pengawasan Penumpang di LIA Diperketat

dibaca 415 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – PT Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA) bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram memperketat pengawasan terhadap penumpang pesawat, khususnya yang datang dari Negara-negara yang positif terjangkit virus corona.

General Manager PT Angkasa Pura I LIA, Nugroho Jati mengatakan, setiap penumpang pesawat dari luar negeri yang turun di LIA dipindai oleh alat pendeteksi suhu tubuh (body thermal scanner). Pemeriksaan ini juga dilakukan terhadap pilot dan awak kabin. Kalau ditemukan ada penumpang dan petugas pesawat yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius yang disertai dengan batuk, sesak nafas dan juga flu akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi.

“Sampai saat ini mulai tanggal 13 Januari lalu kita sudah melakukan antisipasi bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Pertama pendeteksian tubuh apabila memang ditemukan penumpang yang terindikasi yang terkena”,katanya.

Sampai saat ini memang belum ada penumpang pesawat yang turun di LIA yang terdeteksi positif terjangkit virus corona. Namun, pemeriksaan akan tetap dilakukan mengingat pulau Lombok adalah salah satu daerah kunjungan wisatawan.

Virus Corona sendiri pertama kali mewabah di Kota Wuhan China dan telah menyebar ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Korea Selatan, Jepang dan Taiwan. Orang yang terjangkit virus corona menunjukkan gejala penyakit umum seperti batuk, flu dan sesak napas. Dalam kondisi yang lebih parah, virus corona dapat menyebabkan sindrom pernapasan akut, gagal ginjal hingga menyebabkan kematian. (7/19).

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah