Published On: Sat, Jul 23rd, 2022

TNI Kodim 1620/Loteng Siap Amankan Pilkades Serentak 2022

dibaca 121 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – DANDIM 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., monitoring langsung pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka penetapan calon Kepala Desa dan pengundian nomor urut calon, di Kantor Desa Selebung, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Sabtu 23 Juli 2022.

Dandim juga memonitor pelaksanaan Rapat Pleno penetapan calon di Desa Selebung dan Desa Peresak Kecamatan Batukliang, serta desa-desa di kecamatan lainnya. Sesuai dengan jadwal tahapan Pilkades oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, yakni Pilkades Serentak bakal digelar pada akhir Agustus 2022.

Dandim mengatakan jajaran TNI Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng) siap mengamankan Pilkades Serentak tahun 2022.

Ia menuturkan bahwa ratusan prajurit TNI Kodim Lombok Tengah, khususnya para Babinsa bakal terlibat untuk menjaga kondusifitas wilayah. Mereka akan mengamankan Pilkades Serentak di 15 desa Se-Kabupaten Lombok Tengah.

Lebih lanjut, Dandim menyebut prajuritnya bahkan sudah mematangkan persiapannya menghadapi pesta demokrasi tingkat desa (Pilkades) yang tak lama lagi bakal digelar di beberapa wilayah Lombok Tengah.

Pemimpin tertinggi di Kodim Loteng itu pun mengaku persiapan dalam berbagai aspek telah dilakukan, termasuk persiapan pengamanan.

“Kami menyiagakan seluruh prajurit, khususnya Babinsa untuk mengamankan jalannya proses pemilihan kepala desa serentak tahun ini,” Ujarnya.

Sebagai langkah preventif, Dandim menegaskan pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap tingkat kerawanan desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa. Tujuannya untuk meminimalisasi terjadinya konflik gejolak sosial.

“Namun meski demikian, kami juga telah melakukan berbagai langkah antisipasi dan pencegahan terkait kemungkinan adanya gangguan keamanan,” Ucapnya.

Daerah yang digambarkan memiliki potensi kerawanan atau gangguan keamanan, Dandim menjelaskan tentunya akan diberi perhatian khusus. Pihaknya bakal menambah personil guna memastikan kondusifitas tetap terjaga.

Tak hanya itu, jajaran Kodim Loteng juga terus mengedukasi masyarakat terutama warga atau para peserta yang terlibat langsung Pilkades. Hal ini dilakukan tentunya juga untuk mengajak masyarakat turut berperan aktif menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

“Mengingat pesta demokrasi ini dilakukan demi kepentingan bersama, maka saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama sama menjaga kedamaian dan ketentraman,” Sebutnya.

Dandim menambahkan pada prinsipnya di hari H nanti prajurit TNI Kodim 1620/Lombok Tengah tidak bekerja sendiri. Melainkan tetap bersinergi dengan Kepolisian, Pemkab selaku panitia, dan pihak terkait lainnya untuk bersama sama melakukan pengamanan.

“Kami tetap yakin dan berharap bahwa pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di wilayah Kabupaten Lombok Tengah akan berjalan aman, lancar dan sukses, dalam situasi yang aman dan kondusif,” Tandasnya.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah