Published On: Wed, Jul 12th, 2023

TMMD Ke-117 Kodim 1620 Di Wilayah Lombok Tengah Hari Ini Resmi Dibuka

dibaca 48 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 Ta. 2023 di Wilayah Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng) pada hari ini resmi dimulai. Upacara Pembukaannya di laksanakan di Lapangan Umum Jontlak Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah, pada Rabu (12/7) Pukul 09.00 Wita hingga selesai.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Lombok Tengah, H. L. Pathul Bahri S.IP., kegiatan yang mengangkat tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” tersebut, di hadiri oleh Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M. Han., Dandim 1620/Loteng, Letkol Kav. I.F. Andi Yusuf Kertanegara, Kapolres Loteng AKBP Irfan Nurmansyah, S.H., S.IK., M.H., dan Para Dan/Ka, Pa, Disjan Jajaran Korem 162/WB.

Selain itu hadir pula Perwakilan Lanud ZAM Kasibas Ops, Kapten Lek. Totok Dwinarso, Danki Brimob AKP Sandro Dwi Rahadian S.I.K., Para OPD lingkup Pemda Lombok Tengah, Ketua Persit Koorcab Rem 162/WB, Ny. Lisna Suniar, Para Kapolsek, Camat, serta para Kades ketepatan TMMD.

Komandan Kodim (Dandim) Letkol Andi Yusuf selaku Dansatgas TMMD dalam laporannya mengatakan pelaksanaan TMMD Ke-117 Ta. 2023 di Wilayah Kodim 1620/Loteng dimulai sejak 12 Juli – 10 Agustus 2023.

Personil yang terlibat dalam kegiatan sebanyak 150 orang yang terdiri dari anggota Kodim 1620/ Loteng berjumlah 60 orang, Yonif 742 30 orang, Pemda Loteng 11 orang, Zipur 5 orang, Zibang 5 orang, Polres Loteng 5 orang, Lanal 2 orang, Lanud 2 orang, dan Tim Asistensi gabungan sebanyak 30 orang.

Dandim menuturkan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa oleh Kodim 1620/Loteng menggunakan dukungan anggaran Swakelola dari Pemkab Lombok Tengah. Dengan sasaran kegiatannya yaitu berupa sasaran fisik di 7 lokasi, dan beberapa kegiatan yang menjadi sasaran non fisik lainnya.

Adapun sasaran fisik yang dikerjakan diantaranya yakni pembukaan jalan sepanjang 5.128 meter, pembangunan PAUD berukuran 5×8 meter, dan pembangunan TPA dengan ukuran 6×6 meter.

Sasaran pisik yang pertama ( 1 ) yaitu pembangunan TPA ukuran 6 X 6 dan pembukaan jalan sepanjang 465 meter dengan lebar 4 meter di Desa Pengadang, Kecamatan Praya Tengah. Sasaran 2 yaitu PAUD ‘Anak Negeri’ berukuran 5 X 8 meter di Kelurahan Praya Kecamatan Praya.

Selanjutnya sasaran 3 pembukaan jalan 310 meter, lebar 3 meter di Desa Batunyala, Praya Tengah, Sasaran 4 pembukaan jalan 4 X 750 meter di Desa Jago Kecamatan Janapria. Sasaran 5 pembukaan jalan 3 X 1153 meter di Desa Labulia Kecamatan Jonggat, dan sasaran 6 pembukaan jalan 4 X 750 meter di Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata, serta sasaran ke 7 yaitu pembukaan jalan berukuran 4 X 1700 meter di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur.

Sementara kegiatan yang menjadi sasaran non fisik diantaranya adalah penyuluhan Belneg, Kesehatan, Stunting, KB Kes, Pertanian, Bencana Alam, Hukum dan Kamtibmas, Pelayanan Posyandu, Narkoba, Wawasan Kebangsaan, Pompa Hidram, dan penyuluhan Rekrutmen Prajurit TNI.

Saat di temui, Pimpinan TNI di Kodim 1620 tersebut mengungkapkan TMMD Ke-117 Kodim 1620 di wilayah Lombok Tengah merupakan bentuk keterpaduan antara TNI bersama Pemerintah Daerah, sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah, khususnya di wilayah pedesaan.

“Selain itu, TMMD ini tujuannya sebagai langkah peningkatan infrastruktur dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Ujarnya.

Menurutnya, tujuan pemilihan sasaran fisik berupa pembuatan jalan usaha tani dilaksanakan dengan makdut sebagai jalan penghubung antar desa, serta untuk memudahkan para petani mengangkut hasil panen. Sebab sebelumnya petani harus membayar upah buruh angkut, untuk mengangkut hasil panen.

“Sedangkan pembangunan TPA dinilai karena belum adanya tempat belajar mengaji bagi anak-anak di lingkungan tersebut, dan atau bangunan PAUD yang sebelumnya tidak permanen (Bilik bambu dan triplek) Mengingat jumlah anak dan murid yang masih mengaji mencapai 150 orang,” Pungkasnya.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah