Published On: Thu, Jul 15th, 2021

Prajurit TNI Dibalik Berita TMMD Ke-111 TA. 2021 Kodim 1620/Loteng

dibaca 20 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Inilah dia, deretan aktor Prajurit TNI yang menjadi pelaku pemberitaan dibalik berita-berita tentang Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Tahun Anggaran 2021 di wilayah Kodim 1620/Lombok Tengah, Provinsi NTB.

Di jelaskan oleh Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan S. IP., Pelaksanaan tugas Operasi Bhakti TNI dalam wujud TMMD Ke-111 TA. 2021, membutuhkan banyak pihak yang terlibat dalam proses pelaksanaannya.

“Meskipun demikian, ada posisi-posisi yang memiliki peran penting agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Salah satu posisi ini membutuhkan keterampilan khusus di bidangnya masing-masing dalam bekerja,” kata Dandim, Minggu (11/7/21).

“Seperti Team Penerangan yang dimiliki Kodim 1620/Loteng yaitu Pendim. Bila di Kepolisian atau Pemda maupun di instansi sipil lainnya, biasa disebut Humas. Tapi di militer disebut penerangan. Mereka inilah para Aktor-aktornya yang berperan sebagai Penulis Skrip dan Team Editor,” katanya lagi.

“Yang merilis berita dan menyatukan pengambilan gambar kegiatan demi kegiatan menjadi sebuah dokumen photo vidio yang utuh, termasuk memberi efek visual yang diperlukan sesuai dengan arahan Pimpinan, untuk dipublikasikan melalui Twitter, Instagram, Facebook, Youtube, Website dan bahkan dikirim ke media massa,” lanjutnya.

Menurut Dandim, tugas dan fungsi dibentuknya Team Penerangan Kodim 1620/Loteng adalah bekerja dan bertugas mengelola dan menyampaikan informasi, serta membina dan menyelenggarakan fungsi Penerangan TNI di tingkat Kodim di bidang Angkatan Darat, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI-AD.

Ia menegaskan, Pendim juga berperan penting untuk menyampaikan informasi secara berlaku dan profesional tentang hal ikhwal Satuan Kodim 1620/Loteng sebagai daya pertahanan negara Matra Darat untuk masyarakat, serta memberikan tanggapan yang simpatik tentang kebenaran sebuah informasi.

Pada pelaksanaan TMMD Ke-111 TA. 2021 ini, peran pendim sangat besar. Karena dalam pelaksanaannya, dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) yang diikuti oleh seluruh Satgas TMMD, serta wartawan media cetak/online, elektronik nasional dan daerah.

Harapannya liputan TMMD ke-111 ini dapat dipublikasikan secara masif kepada masyarakat luas. Yang mana lomba tersebut pemenangnya adalah kodim yang paling baik pemberitaannya.

Tiap-tiap kodim bersaing dengan kodim lain se-Indonesia untuk medapatkan juara LKJ. Prosesnya setelah masuk media Online, dibuka dan ditangkap layar, lalu di print. Hasil cetakan tersebut akan dibuat buku.

Sedangkan pemberitaan media cetak akan dibuat kliping dan dijilid menjadi buku. Demikian juga dengan berita elektronik yang masuk TV video penayangan akan dibakar ke CD lalu dibuat buku album. Buku-buku itulah yang akan dinilai di Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) selesai TMMD ditutup.

Pada saat pengumuman pemenang, seluruh Dandim di Indonesia yang wilayahnya melaksanakan TMMD akan diundang ke Jakarta untuk mengumumkan pemenangnya dan menerima piagam maupun hadiah.

Adapun personil Pendim 1620/Loteng, terdiri dari 4 personil. Meliputi Serda Supardi, Serda Muharal, Serda Nanang Gunawan dan Kopda Nursah.
Ditangan merekalah semua kegiatan militer di Kodim 1620/Loteng diketahui masyarakat.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah