Published On: Sat, Nov 6th, 2021

Pasar Kerajinan Bambu Karang Sidemen Sepi Pembeli

dibaca 28 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Dampak pandemi covid-19 sangat dirasakan pengrajin mebel bambu di Desa Karang Sidemen, Batukliang Utara Lombok Tengah.

Salah satu pemilik usaha kerajinan bambu, Ibu Mahuni, Jumat (05/11)menceritakan, “sejak adanya wabah Korona pesanan dari dalam dan luar negeri semakin berkurang”.

Mahuni mengaku,pendapatan turun hingga 80 persen dibanding tahun lalu sebelum pandemi covid-19. Saat ini sudah merumahkan sebagian karyawannya karena tak sanggup lagi membayar gaji,Mahuni khawatir bila kondisi ini terus berlanjut usahanya bisa gulung tikar.

Kondisi pasar yang belum setabil saat ini banyak barang yang menumpuk di gudang, bahan baku yang belum bisa di proses karena belum ada pesanan.

karyawan sebanyak 8 orang rata- rata mencari kehidupan jadi pekerja mebel bambu, pendapatan masing -masing pekerja Rp.500.000 perbulan itupun dirasa kurang cukup untuk kebutuhan sehari-hari”, ungkapnya.

Di tambahkan Mahuni”, Rata -rata karyawan semuanya perempuan karena kegitan usaha yang di jalankan merupakan usaha pemberdayaan khusus untuk ibu-ibu yang tidak punya keahlian untuk diberikan pembinaan untuk mengembangkan potensi diri dan sumberdaya alam yang ada agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat disamping sebagai penunjang kegiatan wisata di Desa Karang Sidemen.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah