Published On: Fri, Oct 13th, 2023

Para Pebalap Diajak Menanam Terumbu Karang Sekaligus Bersih-Bersih Pantai

dibaca 48 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Ajang MotoGP Mandalika 2023 kembali digelar pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ajang ini menjadi salah satu ajang sports tourism pada sektor pariwisata Indonesia. Jelang balapan, para pebalap yang akan bertanding pada MotoGP Mandalika 2023 mendapat kesempatan menjalani kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan daerah kegiatan, yaitu Lombok.

Salah satunya, para pebalap diajak untuk menanam terumbu karang sekaligus bersih-bersih pantai di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada 12 Oktober 2023 mulai pukul 09.00 WITA. Hal ini merupakan komitmen para pebalap dalam menjaga lingkungan dan memberikan dukungan kepada masyarakat sekitar.

Terlihat para pebalap MotoGP, serta Moto2 dan Moto3, beberapa di antaranya yaitu Takaaki Nakagami, Fabio Di Giannantonio, Somkiat Chantra, Ai Ogura, dan Ayumu Sasaki bergabung dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang. Sebelumnya, mereka telah mendapatkan panduan khusus sebelum melakukan penanaman terumbu karang, yang dilakukan di dasar laut dengan kedalaman hingga 10 meter.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama penyelenggara, yaitu MGPA dan Dyandra&Co., memegang peranan dalam menggerakkan aksi sosial ini. Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ema Widiastuti memastikan bahwa program ini tidak hanya berdampak positif pada ekosistem laut, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat sekitar.
Tak hanya itu, juga ada sajian Tari Gandrung khas Lombok di tepi Pantai Kuta Mandalika yang dibawakan oleh 10 orang penari asal Kabupaten Lombok Tengah.

Para pebalap juga terlihat ikut berjoget.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi saat diwawancarai menjelaskan, “Dengan terlibatnya para riders ini membuktikan bahwa mereka sudah melakukan dan memberikan contoh kepada kita semua untuk memuliakan laut di Lombok.

Sehingga penanaman terumbu karang di Pantai Kuta Mandalika itu merupakan bentuk promosi positif menjaga Pantai Kuta Mandalika yang kita miliki dengan penuh keindahan ini.”

Lendek menambahkan, Pantai Kuta Mandalika merupakan ruang edukasi promosi laut di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Hal ini mengajarkan kepada masyarakat untuk bagaimana memuliakan laut dan lingkungan di sekitarnya.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menjelaskan bahwa penanaman terumbu Karang di Pantai Kuta Mandalika itu bentuk kepedulian para pebalap kepada ekosistem laut di Mandalika. “Karena memang wilayah pantai ini harus tetap dibersihkan. Jadi memang harus kita bersihkan untuk menjaga kelestarian laut,” tegasnya.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah