Published On: Mon, Jan 31st, 2022

Dandim Loteng: MPP Prajurit Bukan Akhir Dari Sebuah Pengabdian

dibaca 33 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., melepas sebanyak 12 Prajuritnya yang akan kembali ke masyarakat. Upacara pelepasan prajurit yang telah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) tersebut, dilakukan usai Upacara Bendera di Lapangan Makodim Kecamatan Praya, Senin 31 Januari 2022.

Adapun Prajurit MPP tersebut yakni, Lettu Inf Darmawa, Peltu L.Turmuzi, Pelda Mujmal, Pelda Sarman, Pelda Darwilis, Pelda Sang Wayan Sudarsa, Pelda Tadik, Serma Suparna, Serka Majedi, Sertu Umar Dani, Sertu Kalam, dan Sertu Saprudin. Kepada yang bersangkutan, diberikan surat perintah pelaksanaan MPP dan Piagam Penghargaan atas dedikasi dan sumbangsihnya kepada kesatuan, maupun kepala TNI AD semasa dinasnya.

Komandan Kodim menjelaskan masa persiapan pensiun bukanlah akhir dari sebuah pengabdian seorang prajurit. MPP adalah waktu kesempatan yang diberikan kepada seorang Prajurit yang akan diakhiri/mengakhiri masa dinas keprajuritannya untuk tidak terlibat dalam dinas aktif keprajuritan, namun dapat berkarya dan mengembangkan diri dalam bermasyarakat dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

“Upacara pelepasan prajurit MPP pada hakekatnya merupakan penghargaan dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari Satuan, atas pengabdian selama melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI,” ujar Dandim.

Dalam arahannya, Dandim juga memberikan ucapan selamat dan terimakasihnya kepada prajurit MPP atas pengabdian serta pengorbanannya selama berdinas dan bertugas. Ia berharap anggota MPP dapat menularkan semangat pengabdian prajurit kepada warga sekitar di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat

“Tetap jalin komunikasi dengan rekan-rekan yang ada di Satuan Kodim ini, serta jaga selalu citra TNI, mengingat dalam pelaksanaan MPP anda juga masih merupakan anggota TNI. Untuk itu hindari berbagai pelanggaran dan kesalahan sekecil apapun,” ucapnya.

“Walaupun sudah purna, silaturahmi dengan keluarga besar Kodim Loteng jangan sampai putus. Sampaikan salam hormat untuk keluarga, karena selama ini sudah mendampingi bapak-bapak semua dalam melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan keberhasilan dalam pengabdian sebagai seorang prajurit TNI tanpa cacat sampai usia pensiun merupakan cita-cita dari setiap anggota. Oleh karena itu, dirinya mengungkapkan seorang prajurit bisa memasuki masa pensiun adalah anugerah yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Kepada 12 anggota yang akan purna tugas, saya berpesan untuk selalu mendharmabaktikan diri kepada masyarakat. Kehadiran di tengah masyarakat harus dapat memberikan manfaat dan membawa kebaikan serta mencerminkan kepribadian sosok prajurit TNI, walaupun sudah tidak berdinas sebagai prajurit aktif lagi,” pesan Dandim.

Selain itu, kepada prajurit MPP Dandim berharap agar setelah pensiun nanti bisa dapat pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki, sehingga mendapatkan penghidupan yang layak dalam bermasyarakat.

“Saya juga berharap agar Bapak-bapak senantiasa membantu program pemerintah dengan ikut berpartisipasi aktif melalui pembinaan teritorial dalam menjaga integritas wilayah dan kedaulatan negara dalam rangka mewujudkan kesejahteraan yang lebih merata dan berkeadilan,” tutupnya.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah