Published On: Thu, May 19th, 2022

Antisipasi PMK Hewan Ruminansia, Dua Prajurit Koramil Jonggat Cek Kandang Ternak Warga

dibaca 24 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – SAAT INI issue santer terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Ruminansia tengah viral meluas. Wabah ini di kabarkan sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, kambing dan lain sebagainya.

Untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, Babinsa Koramil 1620-06/Jonggat, Serda Abdullah dan Serka Muhali, melakukan pemantauan ke komplek kandang ternak milik warga Dusun Embung Duduk Desa Labulia dan Dusun Kerembeng Desa Puyung, Kamis (19/5/2022).

Diawali dengan sosialisasi dan edukasi, selanjutnya dua orang prajurit milik Kodim 1620/Lombok Tengah itu melakukan pengecekan untuk memastikan perkembangan sapi ternak milik warga, dalam keadaan sehat atau bebas dari PMK.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Bhabinkamtibmas itu membuat warga semakin percaya adanya TNI-Polri di tengah-tengah mereka sebagai pelindung dan pengayom bagi masyarakat.

Terpisah, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Babinsa Koramil Jonggat merupakan implementasi tugas seorang Babinsa dalam rangka membantu mengatasi kesulitan warga di sekelilingnya.

“Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian TNI sekaligus langkah antisipasi dan pencegahan agar sedini mungkin virus PMK dapat terdeteksi bila penyebarannya terjadi pada hewan ternak milik warga binaannya,” Ujar Dandim.

Lebih lanjut, Dandim menuturkan Babinsa akan melakukan Desinfeksi secara berkala terhadap kandang ternak dan peralatan milik warga setelah selesai digunakan.

“Sesuai dengan hasil koordinasi bersama, rencananya mereka akan melakukan desinfeksi lingkungan sekitar kandang secara berkala dan dekontaminasi yakni dengan cara mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK,” Pungkasnya.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah