Published On: Mon, Mar 2nd, 2020

Pelajar SMA Loteng Dilatih Jurnalistik

dibaca 16,764 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM,Praya – Puluhan pelajar SMA sederajat yang ada di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Sabtu (29/2) kemarin, mendapat pelatihan jurnalistik dari Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT). Pelatihan diberikan untuk mengenalkan kepada para pelajar tentang dunia jurnalistisk serta dasar-dasar jurnalisitik. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan kepada para pelajar bisa mengetahui mana berita yang sesuai dengan kaedah-kaedah jurnalistik dan mana berita-berita hoaks.
“Pengetahuan tentang jurnalistik penting bagi masyarakat, khususnya pelajar dalam menangkal berita-berita hoaks,” ungkap Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., saat membuka pelatihan di SMA Negeri 4 Praya. Untuk itu, tegasnya kegiatan sejenis kedepan perlu dintensifkan kedepannya. Baik itu dari sisi kuantitas maupun dari sisi kualitas kegiatannya.
Diera digital sekarang ini, sulit untuk bisa mencegah penyebaran berita hoaks. Karena masyarakat bisa dengan mudah memperoleh informasi melalui layanan digital yang memang sudah ada digengaman. Sehingga salah satu cara untuk bisa menangkal berita hoaks ialah dengan memperkuat pengetahuan masyarakat soal jurnalistik. Karena dengan begitu masyarakat bisa membedakan mana berita yang benar dan mana yang berita bohong atau hoaks.
Wabup menilai pemilihan sasaran pelatihan jurnalistik kepada kalangan pelajar sangat tepat. Karena kalangan pelajarlah yang paling akrab dengan era digital saat ini. Disatu sisi, dari sisi emosi dan mental kalangan pelajar masih labil. Sehingga sangat mudah terpengaruh informasi atau berita-berita hoaks. Sehingga penting bagi kalangan pelajar mengetahuai dan memahami jurnalistik.
“Harapan kita dengan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan jurnalistik ini, para pelajar kemudian bisa menularkan kepada teman-teman sebayanya maupun masyarakat dilingkungan sekitarnya. Dengan begitu, dampak buruk dari penyebaran berita hoaks bisa ditangkal sedini mungkin,” timpal Ketua DPC Partai Geridra Loteng ini.
Ditempat yang sama, Sekretaris PWLT, Bohari Rahman mengatakan, pelatihan jurnalistik yang digelar PWLT memang difokuskan bagi kalangan pelajar untuk tahap awalnya. Kedepan kegiatan serupa akan diperluas sasaranya. Termasuk kalangan mahasiswa, pegawai pemerintahan maupun masyarakat umum.
“Untuk tahap awal kita sasaran kalangan pelajar SMA sederajat dulu. Itupun belum seluruhnya. Diawali pelajar SMA yang ada diwilayah Kota Praya dulu. Setelah itu baru kita roadshow kesemua kecamatan yang ada di Loteng,” terangnya. Yang nantinya akan dibagi masing-masing zona.
Materi yang diberikan masih materi dasar jurnalistik. Mulai dari sejarah dan perkembangan jurnalistik di Indonesia serta teknik-teknik dasar dalam menulis berita sesuai dengan kaedah-kaedah jurnalistik. Baik itu berita untuk media cetak, online, radio hingga TV. “Materi yang diberikan cukup lengkap. Apakah itu media cetak hingga TV,” imbuhnya.
Untuk pemateri sendiri semuanya dari pegiat jurnalistik di Loteng yang tergabung dalam PWLT. Selain bisa berbagi ilmu, para pegiatan jurnalistik juga bisa sambil mengasah ilmu jurnalistiknya. “Jadi manfaatnya bukan hanya bagi peserta. Kita sebagai pemateri juga bisa terus mengasah kemampan serta ilmu jurnalistik,” pungkas Bohari.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah