Published On: Sat, Sep 19th, 2020

Deklarasi Dan Komitmen Bapaslon Cabup Cawabup Kabupaten Lombok Tengah

dibaca 154 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Praya – Deklarasi dan Komitmen Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah untuk siap mamatuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid – 19 pada semua tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, di selenggarakan oleh Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Sabtu (19/9/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Mapolres Lombok Tengah di eks Kantor Bupati Lombok Tengah itu dan dihadiri oleh 5 Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah yakni Paket Pathul-Nursiah, Masrun – Habib, Ziadi – Aswantara, , Saswadi – Dahrun dan Prayatni – Sumum, serta di hadiri langsung oleh Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho, jajaran Forkompinda, Ketua MUI, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Plh Sekda Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halik, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Lombok Tengah, Gugus Tugas Covid 19 Lombok Tengah dan para Kapolsek jajaran Polres Lombok Tengah.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho dalam sambutannya menyampaikan, Kegiatan ini bertujuan untuk membuat kesepakatan dan komitmen bersama dari para Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah. Adapun komitmen tersebut menyatakan bahwa para Bapaslon bertanggung jawab kepada perkembangan Covid – 19 serta massa pendukung dan mengendalikan pelaksanaan dengan batas jumlah massa pendukung dalam setiap kegiatan tahapan Pemilukada serentak tahun 2020 dengan mematuhi Protokol kesehatan Covid 19, menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan massa.

Juga Membentuk satuan tugas pengendali Covid-19 yang dilengkapi dengan sarana pendukung terhadap kepatuhan Protokol kesehatan Covid – 19. Bertanggung jawab terhadap pelanggaran protokol Kesehatan Covid -19 yang dilakukan para tim pemenangan dan massa pendukungnya.

”Apabila mengalami gejala Covid-19 bersedia untuk melakukan testing, tressing dan bersedia menerima sanksi administrasi maupun sanksi pidana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sehingga hari ini membuat kesepakatan, berkomitmen bersama untuk bersama sama menjaga agar tidak terjadi Klaster Pemilukada Penyebaran Covid-19, karena kemarin berdasarkan hasil pantauan di lapangan tidak seluruhnya melaksanakan dan patuh terhadap Protokol Kesehatan Covid-19,”ungkap AKBP Esty.

AKBP Esty berharap, tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini tidak ada pelanggaran Protokol kesehatan Covid -19 mengingat tahapan tahapan Pemilukada masih panjang antara lain penetapan paslon yang diperkirakan terjadi pengerahan simpatisan sebagai akibat yuphoria atas lolosnya Bapaslon.

”Menghadapi tantangan tersebut diperlukan sinergitas seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2020 antara penyelenggaraan Pemilukada yaitu KPUD dan Bawaslu, media massa, aparat keamanan, partai politik, pemerintah daerah dan masyarakat untuk bersama-sama mencari strategi dan upaya agar seluruhnya mentaati aturan yang berlaku khususnya protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid – 19, supaya tidak ada klaster pemilu kada.” Jelasnya.

Upaya-upaya pencegahan Covid 19 yang telah dilaksanakan saat ini, kata AKBP Esty, berupa Imbauan secara langsung, maupun melalui banner, spanduk sosialisasi, patroli gabungan, program Kampung sehat dan lain-lain, sudah berjalan dengan baik namun demikian untuk Pencegahan Covid-19 pada pelaksanaan Pemilukada perlu dilakukan trobosan – trobosan dan inovasi serta cara bertindak di lapangan.

Ditempat yang sama, mewakili Bupati Lombok Tengah, Plh Sekda Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halik dalam sambutannya menyampaikan, gelaran Pilkada tahun 2020 ini dilaksanakan dalam suasana yang sangat berbeda dibandingkan dengan gelaran Pilkada – Pilkada tahun-tahun yang lalu.

Pandemi Covid- 19 menjadi faktor pembeda dan mengharuskan semua pihak untuk melakukan penyesuaian, Bahkan Pemilukada nyaris gagal terlaksanaanya di tahun 2020.”ungkapnya.

Halik juga mengungkapkan, Setiap event demokrasi seperti Pilkada menghadirkan eporia yang tinggi di tengah-tengah masyarakat, semua orang merasa memiliki peran untuk mensukseskan Pilkada dengan cara memenangkan setiap kandidat yang diusungnya.

“Penggalangan kekuatan konsolidasi rapat-rapat pertemuan-pertemuan akan menjadi hal yang lumrah kita temui baik yang dilaksanakan di ruang terbuka maupun di ruang tertutup. Hal ini menjadi satu tanda baik bahwa masyarakat kita semakin dewasa dalam berdemokrasi dan kita harapkan partisipasi terus diperlihatkan oleh masyarakat dalam setiap gelaran demokrasi sehingga bisa menghasilkan pimpinan yang memiliki legitimasi yang kuat di tengah-tengah masyarakat,”paparnya

Namun demikian, lanjut H. Lalu Idham, dalam situasi Pandemi Covid-19 harus lebih dikendalikan lagi setiap kandidat dan tim suksesnya wajib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 di dalam setiap agenda kegiatan yang dilaksanakan.

Setiap kandidat harus menjadi yang terdepan dalam memberikan keteladanan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya percaya bahwa setiap arahan dan Pesan yang disampaikan kepada pendukungnya akan lebih mudah untuk diikuti karena itu merupakan cermin loyalitas para pendukung terhadap kandidat yang dijagokan nya. Untuk itu kami minta kepada setiap bakal calon bupati – wakil bupati untuk secara terus-menerus mengingatkan para pendukungnya tentang pencegahan dan penananganan Covid- 19.”ungkapnya.

Lanjut Idham menegaskan “Kita semua yang hadir di tempat ini memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan hal tersebut. Maka marilah kita jadikan momentum deklarasi komitmen bersama bakal Pasangan calon bupati – wakil bupati dalam rangka mematuhi protokol kesehatan Covid-19 pada Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Lombok Tengah ini sebagai momentum untuk membangun komitmen dalam setiap diri kita untuk menekan penyebaran wabah Vovid-19 dengan cara mentaati secara ketat protokol kesehatan Covid-19. Insya Allah jika kita sudah bertekad jika kita sudah berikhtiar Allah akan memberikan pertolongannya untuk kita,” tutup H. Lalu Idham.

Usai sambutan – sambutan acara dilanjutkan dengan Deklarasi dan komitmen oleh 5 Bapaslon untuk siap mamtuhi Protokol Kesehatan Covid – 19 pada semua tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, dan Dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi dan komitmen untuk siap mamatuhi Protokol Kesehatan Covid – 19 pada semua tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 oleh para Bapaslon, Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho, Perwakilan Dandim 1620/Lombok Tengah dan Plh Sekda Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halik.

Setelah penandatanganan Deklarasi masing-masing Bapaslon juga diberikan kesempatan untuk menyatakan sikap siap mamatuhi Protokol Kesehatan Covid – 19 pada semua tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Usai rangkaian kegiatan Deklarasi dan Komitmen, Kapolres Lombok Tengah bersama Ketua KPU Lombok Tengah, Ketua Bawaslu Lombok Tengah, Gugus Tugas Covid-19 Lombok Tengah bersama Ketua Tim Sukses masing – masing Bapaslon langsung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait dengan pelaksnaan Protokol Kesehatan Covid – 19 pada semua tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Aula Mapolres Lombok Tengah.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah