Published On: Wed, Oct 14th, 2015

Wisata Hutan Adat Mandala Butuh Bantuan Pemda

dibaca 1,232 kali
Share This
Tags

Kolam-Pemandian-Mandala-selTANJUNG, Lombok FM – Wisata yang terletak di hutan adat Mandala Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, yang didalamnya dibangun kolam pemandian butuh bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) KLU.

Hal tersebut dikemukakan Raden Sawinggih kepada Lombok FM, ketika ditemui dikediamannya 14/10/15. Menurutynya, untuk penambahan fasilitas lainnya seperti tempat parkir, lapak pedagang, dan pembangunan kolam pemandian untuk anak tentu butuh dukungan dari Pemda KLU. Karena keberadaan kolam pemandian ini sebagai salah satu cara untuk mempertahankan kelestarian hutan adat dan budaya yang ada di KLU.

Sejak dilounchingnya kolam pemandian hutan adat Mandala oleh Wagub NTB pada 6 Desember lalu, selalu ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menikmati keindahan alam hutan adat dan sejuknya air kolam pemandian, lebih-lebih pada hari libur.

“Setiap hari kolam pemandian ini ramai dikunjungi oleh warga baik yang berasal dari Lombok Utara sendiri ataupun dari luar daerah, sehingga banyak pengunjung kadang-kadang tidak dapat berenang karena penuh”, kata Hadi, salah seorang pengunjung dari Sembalun-Lombok Timur.

Raden Sawinggih mengaku, bahwa pengelolaan hutan adat Mandala merupakan wujud hubungan Suku bayan dengan lingkungannya, yang menghargai dan menjaga keberadaannya sehingga memberi manfaat yang besar bagi Masyarakat Bayan.

Hutan Mendala merupakan hutan tutupan Adat yang artinya dilindungi secara adat dengan adanya Awiq-awiq. Luasnya tidak besar. Berdasarkan hasil pengukuran yg dilakukan dinas kehutanan pada tahun 2012 luasnya hanya 1359 m2. Cuma 0.13 ha.

Hutan Mandala juga lanjut Sawinggih diyakini masyarakat Bayan sebagai tempat sakral karena di salah satu bagian berbukit hutan ini terdapat Mesjid Bakeq atau mesjidnya para jin. Sumber mata air yang ada di Mandala diyakini  mempunyai hubungan lagnsung  dengan air yang berada di Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Dan untuk mempertahankan kelestariannya, tentu butuh dukungan semua pihak termasuk Pemda KLU terutama dalam hal pembangunan kelengkapan kolam pemandian yang sudah ada.|004|066|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah