Published On: Fri, Oct 9th, 2015

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Senaru

dibaca 1,318 kali
Share This
Tags

sendRADIO LOMBOK FM – Melihat bentang alam Desa Senaru, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara-NTB, daerah ini dapat dimanfaatkan sebagai daerah tujuan wisata. Selain desa ini merupakan salah satu pintu masuk menuju Gunung rinjani, terdapat juga air terjun yang tidak kalah indah pemandangannya, yaitu air terjun Sendang gile.

Lokasinya terletak sekita 600 m di atas permukaan laut, air terjun ini mudah dicapai dengan melewati jalan tangga kebawah sekitar 20 menit dari desa senaru. Perjalan kembali yang paling menyenangkan sebagai alternatif adalah menelusuri pinggir lembah yang agak curam mengikuti saluran irigasi. Untuk yang lebih menantang air terjun senaru yang kedua yaitu tiu kelep,satu jam perjalanan kebagian hulu atas dari Sendang Gile.

Untuk samapi di Air Terjun Tiu Kelep, pengunjung akan melewati sebuah tangga yang cukup curam, kemudian dilanjutkan dengan menyeberangi sungai cukup dangkal. Di sungai ini pengunjung akan merasakan kesejukan aliran air yang begitu jernih.

Petualangan ini akan sempurna ketika mendarat di lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini cukup tinggi sekitar 45 meter,juga air yang jatuh menimbulkan benturan cukup besar, Jika pengunjung tidak ingin basah, harus mengenakan jaket tahan air. Tidak jauh dari tempat ini, dapat dilihat pohon besar yang tumbuh di permukaan tebing.

Menurut penduduk setempat, bahasa Sasak Tiu Kelep artinya “Terbang renang” sementara nama Sendang Gile diambil dari legenda lokal. Legenda seorang pangeran yang sedang dikejar oleh singa gila. Sang Pangeran kemudian bersembunyi di balik air terjun.hingga air terjun itu di namakan Sendang Gile.

Perjalanan diatas batu melewati hutan tropis diimbangi dengan keindahan air terjun, Penduduk setempat percaya bahwa setiap kali berenang di kolam Air Terjun Tiu Kelep dapat kelihatan satu tahun lebih muda, setelah puas mandi di air terjun sendang gile, pengunjung dapat menikmati makan siang di rumah makan lokal disekitar Senaru sambil menikmati pemandangan Gunung Rinjani dan lembahnya yang hijau ranau menyejukkan jiwa. |004|060|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah