Published On: Thu, Oct 15th, 2015

Warna Warni Upacara Hari Jadi ke 70

dibaca 463 kali
Share This
Tags

UPACARAPRAYA, RADIO LOMBOK FM – Ratusan peserta upacara Hari Jadi ke 70 Kabupaten Lombok Tengah, hadir dengan penuh warna. Pasalnya peserta tahun ini, diharuskan menggunakan pakaian adat raditional Lombok. Akibatnya, suasana ramah dan nyaman seperti motto hari jadi tahun ini, benar-benar mewarnai upacara yang digelar di Bencingah Adi Guna yang berada diarea Alun-Alun Tastura Praya.

Pantauan Lombok FM, sekitar pukul 8.00 wita pada Kamis (15/10) 2015 kemarin, tampak para peserta upacara yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah, Masyarakat dan juga pelajar baik laki-laki maupun perempuan dengan menggunakan berbagai jenis dan warna pakaian adat, sudah berdatangan ke Alun-Alun Tastura.

Disepanjang pinggir Alun-Alun Tastura, tampak ratusan siswa siswi yang berseragam pramuka lengkap dengan kacung dan atributnya. Awalnya tidak dikethaui kenapa siswa yang berpakaian pramuka tersebut melingkari Alun-Alun Tastura, namun saat upacara usai, mereka melakukan atraksi membentangkan kacung sepanjang 500 meter.

Di mimbar undangan, hampir seluruh tamu juga menggunakan pakaian adat traditional Lombok, baik jajaran Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopinda) dan juga tamu kehormatan lainya. Upacara hari itu, memang tampak berbeda pada upacara hari jadi Lombok Tengah tahun lalu. Begitu Wakil Gubernur NTB, Drs.H.Moh.Amin tiba dan didampingi Bupati Lombok Tengah HM.Suhaili,FT.SH.MM naik ke Bencingah Adi Guna Praya yang sekaligus sebagai Mimbar Undangan.

upacara dimulai dengan seluruh peserta upacara disiapkan oleh masing-masing komandan barisan. Adapun yang bertindak selaku Inpektur upacara yakni Bupati Lombok Tengah dengan Komandan Upacara, Bowo Susatyo salah seorang PNS di Bappeda Lombok Tengah.

Upacara dimulai dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Sebelumnya, pihak Master Ceremonial (MC) membacakan sejarah singkat berdirinya daerah bermotto Tatas Tuhu Transa ini.

Upacara hari Jadi ke 70 Kabupaten Lombok Tengah, dirangkai dengan kegiatan sebagaimana upacara biasanya. Pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upcara yang dipandu oleh Inspektur upacara serta pembacaan Undang-Undang Dasar oleh Ketua DPRD Lombok Tengah, HA.Fuaddi,FT.SE.

Kegiatan puncak upacara tersebut, yakni penghormatan kepada Bendera Pataka Kabupten Lombok Tengah yang dibawa ke lokasi upacara oleh 10 anggota Pol-PP Lombok Tengah. Usai seluruh rangkaian upacara digelar, berbagai kegiatan tambahan bernuansa hiburan untuk masyarakat yang tampak hadir menonton jalanya upacara, mulai digelar. Bahkan begitu upacara dinyatakan selesai, puluhan warga tanpa dikomando langsung memanjat puluhan pohon pinang yang disediakan panitia hingga ludes.

Bersamaan dengan itu, puluhan personil IPDN Marching Band memasuki arena upacara menunjukkan kebolehanya dalam memainkan Marching Band bersama aksi-aksi menantang seperti menari diatas Drum Band mereka yang disusun hinga setinggi belasan meter. Begitu juga dengan siswa siswi berpakaian parmuka tadi membentangkan kacung mereka sepanjang 500 meter mengelilingi Alun-Alun Tastura Praya. |001|035|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah