Published On: Wed, Jan 20th, 2016

Warga Olah Nasi Bekas Menjadi Kerupuk

dibaca 1,111 kali
Share This
Tags

10Lombok Timur.lombokfm.com_ Warga Desa Suntalangu Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur Manfaatkan nasi bekas untuk diolah sebagai krupuk. Masyarakat setempat menyebutnya kerupuk Jaja Soda. Sementara untuk mendapatkan nasi bekas tersebut biasanya diperoleh dari buah tangan acara hajatan atau gawe adat masyarakat setempat. Selain itu nasi bekas juga didapatkan dari sisa nasi acara gawe.

Inaq Usup salah seorang warga Dusun Batu Basong 1 Desa suntalangu mengatakan “Kami manfaatkan nasi bekas atau sisa dari acara gawe untuk kami olah menjadi kerupuk” katanya saat ditemui di kediamanya 19/1/2016.

Inaq Usup menjelaskan proses pembuatan kerupuk dari nasi bekas ini diawali dengan mencampurkan nasi dengan soda dan bumbu untuk mendapatkan aroma dan rasa. Selanjutnya nasi bekas dikukus pada panci yang siap dipanaskan. Selanjutnya nasi diangkat setelah mendidih dan ditumbuk untuk mendapatkan hasil baik.

Sementara untuk mengkreasikan olahan kerupuk dari nasi bekas ini sibentuk sesuai selera. Usai dibentuk lepengan selanjutnya dikeringkan pada cahaya matahari. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas diupayakan pengeringan secara total.

Kerupuk yang telah kering siap digoreng dan disajikan dalam bentuk olahan kerupuk biasa. Kerupuk ini hanya disajikan untuk kalangan pribadi dan tidak diperjualbelikan. /006/008/

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah