Published On: Thu, Apr 14th, 2016

Warga Mengeluh, Kartu Indonesia Sehat Tidak Berfungsi  

dibaca 1,300 kali

13

RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Sejumlah warga mengeluhkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diterimanya tidak dapat digunakan di Puskemas. Pasalnya identitas dalam KIS ada yang berbeda dengan KTP maupun Kartu Keluarga (KK).

Salah satunya di wilayah Desa Ketangga, Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Kartu tersebut tidak aktif saat dipakai untuk pengobatan.

“beberapa warga mengeluh, kartu KIS tidak berfungsi saat dipakai berobat ke Puskesmas” ujar Ependi warga setempat saat ditanya RADIO LOMBOK FM, Rabu 13/4/2016.

Keluhan warga sebetulnya sudah lama, namun saat ini belum ada kejelasan untuk mengatasi persoalan ini. Seperti disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur Drs. M.Si Andika Istujaya ia mengatakan “masalah tersebut karena nomor induk kependudukan tidak sesuai dengan data yang ada pada kartu KIS, selain itu banyaknya data ganda sehingga tidak terdeteksi secara online” katanya saat dikonfirm via telephon Rabu 13/4/2016.

Ia menjelaskan, data KIS yang dikeluarkan oleh pemerintah Jokowi didapatkan dari data 2011. Sehingga perekaman pada NIK online tentu banyak yang tidak terdeteksi. “Saat ini pihak Dukcapil sedang melakukan pembenahan, namun terkait dengan KIS sampai saat ini Dinas Sosial belum ada konfirmasi terkait perbaikan data KIS” jelasnya. |008|019|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah