Published On: Mon, Jan 11th, 2016

Warga manfaatkan Kanal TV Kabel Sebagai Media Alternatif

dibaca 1,021 kali
Share This
Tags

TV kabelLombok Timur, lombokfm.com – Saluran televisi kabel kini telah menjangkau segala kalangan. Semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan produk ini membuat penyedia TV Kabel berusaha untuk terus memperluas jaringannya, termasuk juga di Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Banyaknya masyarakat yang berlangganan pada jaringan TV kabel menginisiasi kelompok pemuda kreatif untuk memanfaatkannya guna menyampaikan informasi seputar komunitasnya.

Pemuda kreatif yang tergabung dalam Lembaga media komunitas, berdiri sejak tahun 2012, memproduksi informasi dengan mengolah berita audio visual. Hasil produksinya kemudian diputar melalui jaringan TV kabel pada kanal modul DVD.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keberadaan radio komunitas yang terganjal aturan. Radio komunitas Ninanta FM di Desa Ketangga, misalnya, tidak diperkenankan mengudara karena tidak ada izin dari pemerintah. Para pegiat media komunitas pun mencoba mengambil alternatif dengan memanfaatkan jaringan TV kabel. Rozi Anwar yang akrab disapa Oji ini bersama rekan-rekannya memproduksi berita audio visual dan menyalurkan melalui TV kabel.

Apapun bentuk informasi dari warga disampaikan melalui jaringan TV kabel. Para pelanggan TV kabel seputar desa tersebut pun menjadikannya media alternatif sebagai saluran informasi dan hiburan bagi komunitasnya. Maka tepat pada tangal 15 juni 2014, para pegiatnya sepakat membentuk Speaker TV. Speaker merupakan kependekan dari “Seruan Pemuda Kreatif”.

Demikian disampaikan Rozi anwar. “Untuk menyiarkan berita, peralatannya cukup sederhana. Yakni kamera telepon seluler untuk mengambil gambar kejadian yang diliput” ujarnya pada awak media 10/1/2015.

Selain itu tambah Oji, satu unit komputer untuk mengedit visual dan audio serta memproduksi narasi berita, dan flashdisc sebagai penampung hasil produksi berita yang kemudian diputar pada kanal modul induk TV kabel.

Masyarakat mendukung adanya program TV komunitas tersebut. Saluran TV kabel ini menjadi salah satu alternatif untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. |006|007|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah