Published On: Fri, Sep 11th, 2015

Warga Desa Landah Tolak Raskin Berkwalitas Buruk

dibaca 958 kali
Share This
Tags

poto2RADIO LOMBOK FM – Puluhan karung Beras Miskin (Raskin) di Desa Landah Kecamatan Praya Timur pada Kamis (10/9/2015) dikembalikan ke pihak Dolog karena Raskin tersebut kwalitasnya sangat buruk dan dinilai warga setempat tidak layak untuk dimakan.

Ketua Forum Kadus Desa Landah, Amaq Riawan menuturkan, kondisi beras itu berwarna merah dan bercampur dengan semacam bubuk berwana kekuningan. Kondisi seperti itu hamper terlihat pada semua karung Raskin yang telah dibagikan ke warganya.”Masyarakat kami meluapkan kemarahanya ke kami sebagai Kepala Dusun,”ujarnya pada Kamis (10/9/2015) pada acara Bincang Lombok FM.

Beras yang datang ke Kantor Desa Landah pada Rabu (9/9/2015) itu lanjut Kadus, kemudian dikembalikan beramai-ramai oleh masyarakat ke kadus masing-masing. Oleh piahk kadus hal itupun dilaporkan ke pihak kabupaten dan disarankan untuk dikembalikan ke Dolog.”Kami kemudian meminta pihak dolog untuk mengambil beras itu dan menggantinya dengan yang baru. Kami langsung yang memilih beras itu dugudangnya di Sengkol Pujut,”jelasnya.

Buruknya kwalitas raskin tersebut lanjut Amaq Riawan, kerap terjkadi namun kalau masih bisa ditolerir dan tidak keterlaluan maka warga dengan terpaksa memasaknya untuk dimakan. Namun kali ini tandas Kadus, sudah sangat keterlaluan

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Lombok Tengah, Drs.Masnun,M.Si menduga hal tersebut akibat dari Kepala Desa (Kades) setempat lalai melaksanakan protap yang sudah disepakati dengan pihak-pihak terkait.”Kami menduga kades barangkali tidak melaksanakan protap yang sudah disepakati dengan pihak Dolog,”katanya via phone celulernya.

Adapun protap itu lanjut Kabag Ekonomi, sebelum raskin itu disalurkan ke masyarakat dalam hal ini melalui Kadus, tim dari desa seharusnya memeriksa keadaan beras tersebut. Dan bila kawalitasnya buruk maka harus dikembalikan ke Dolog dan minta untuk diganti.”Bisa jadi kadesnya terlalu sibuk sehingga tidak menjalankan protap itu,”tambahnya.|001|0116

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah