Published On: Wed, Feb 1st, 2017

Warga Binaan Rutan Selong Kelola Budidaya Tanaman dan Buah

dibaca 341 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Selong Kabupaten Lombok Timur dididik menjadi lebih kreatif dalam pemanfaatan lahan, lahan dimaksud tidak perlu luas meski hanya beberapa meter, bahkan hanya pakai pot saja.a4

Dari segi budidaya yang dikembangkan oleh pihak Rutan Selong yang dikerjakan oleh warga binaan yaitu budidaya ikan tawar seperti lele, nila dan patin. Sedangkan untuk jenis tanaman ada buah naga, kacang panjang, cabe merah, mentimun, dan terong ungu. Yang menjadi perioritas saat ini yaitu kacang panjang karena sudah siap dipasarkan.

Dikatakan kepala Rutan Kurnia Panji Pamungkas kepada RADIO LOMBOK FM kacang panjang yang dibudidaya tersebut berbeda dengan panjang lainnya, sebab kacang panjang ini panjangnya lebih dari satu meter sehingga kacang panjang terebut diberi nama kacang panjang piton.

‘’Saya bawa sendiri dari Jawa Barat tempat asal saya bibit kacang panjang tersebut’’, jelasnya, Selasa (31/01/2017).

Dalam perawatan lanjut panji, tidak perlu repot, sebab cukup hanya memakai pupuk kandang yang dikolaborasikan dengan pupuk NPK, tumbuhan dipupuk setelah sepuluh hari masa tanam, kemudian sepuluh hari kedepannya setelah dipupuk lagi dipupuk dengan Urea. Setelah tumbuh bunga dari kacang panjang tersebut maka dibuatkan tajuk agar kacang panjang bisa merambat.

‘’Kalau sudah begitu tinggal panen saja buahnya’’, ungkap Panji.

Selain pengelolaan di dalam Rutan, para warga binaan juga mengelola tanaman di area terbuka yaitu berlokasi di Menanga Baris atau biasa dikenal dengan Pantai Pidana. Disana, lanjutnya, ada penanaman berbagai mcam tanaman dan tumbuhan.

‘’Kita diberikan lahan oleh Pemkab Lotim seluas 16,39 hektare yang untuk dikelola dengan baik’’, paparnya.

Sedangkan untuk pemasaran tetap semua tanaman dan industry yang dikelola lainnya dipasarkan, hanya saja untuk saat ini yang bisa dipasarkan yaitu kacang panjang piton tersebut, tutupnya.|002|002|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah