Published On: Thu, Mar 24th, 2016

Warga Anggaraksa Teriak Hentikan Pertambangan Galian C

dibaca 1,255 kali
Share This
Tags

a4RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Puluhan warga Desa Anggaraksa, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur meminta pemerintah desa setempat hentikan paksa galian C ilegal yang beroperasi di dekat pemukiman mereka.

Aktivitas galian C tersebut membuat warga khawatir terjadi kekeringan air sungai dan sumur serta warga tercemar polusi pabrik. Warga teriak meminta hentikan penambangan tersebut saat acara pembentukan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) di Aula Kantor Desa Anggaraksa Rabu, 23/3/2016.

Warga yang domninan kaum perempuan berseru untuk hentikan aktivitas pertambangan serta tidak memberi rekomendasi izin penambangan dari pemerintah desa. “apapun alasan pemerintah desa, kami atas nama warga meminta untuk dihentikan aktivitas petambangan itu,” ujar salah seorang warga Dusun Aik Dalem Mukminah.

Menurut Mukminah, jarak galian C dengan pemukiman warga hanya 100 meter. Aktivitas pengerukan dikhawatirkan akan mengeringnya sumber mata air sungai dan sumur warga dan tentu air akan kotor. Selain izin belum keluar pertambangan diduga beroperasi. Dan dapat dibuktikan, adanya alat-alat berat masih melakukan aktivitas pengerukan di area seluas 1,5 hektare.

Senada juga disampaikan Zuhri tokoh pemuda, ia mengatakan “jika penambangan masuk di daerah kita, tentu aka ada bahaya mengancam. Selain polusi yang meresahkan kesehatan warga juga tanaman di daerah tersebut tidak dapat dikonsumsi akibat kepulan polusi pabrik” paparnya saat menyampaikan pendapatnya.

Sementara menurut Sekertaris Desa Anggaraksa Ishak menanggapi, terkait izin tambang desa hanya mengeluarkan surat rekomendasi, selebihnya pemerintah daerah nantinya akan mengeluarkan izin pertambangan.

“pemerintah desa hanya keluarkan rekomendasi untuk izin tetntu dari pemerintah provinsi, terkait ada aktivitas penambangan, itu artinya pabrik masih lakukan persiapan” jelasnya di depan warga. |006|031|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah