Published On: Tue, Oct 13th, 2015

Wakil Bupati Hadiri Ritual Penyelamatan Otak Reban

dibaca 710 kali
Share This
Tags

redRADIO LOMBOK FM – Wakil bupati Lombok Timur H. Khaerul Warisin hadiri tradisi tahunan penyelamatan otak reban. Ritual adat tersebut secara turun temurun dilakukan oleh masyarakat sambelia yang berlangsung pada saat musim kemarau di Dam Sambelia, Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Kabuapten Lombok Timur, NTB.

Dalam sambutannya, H. Khaerul Warisin memaparkan kebudayaan penyelamatan otak reban agar terus dilakukan. “tradisi penyelamtan otak reban wajib untuk dilakukan karena ini adalah teradisi turun temurun nenek moyang kita” ujarnya saat menyampaikan sambutan senin 12/10/2015.

Khaerul juga mengatakan “selain penyelamatan otak reban, juga yang terpenting menjaga lingkungan, tidak menebang pohon, Sebab pepohonan mendatangkan air untuk kita konsumsi dan kebutuhan pertanian” tambahnya.

Upacara adat penyelamatan otak reban diikuti oleh 13 pekasih subak serta puluhan petani penyakap otak reban, Masing-masing penyakap membawa ayam untuk disembelih di Dam otak reban.konon mitos Ritual ini di lakukan supaya aliran air semakin melimpah ruah agar petani makmur mengairi sawahnya.

Acara penyelamatan otak reban juga dirangkaikan dengan berbagai hiburan local seperti perisean dalam air, tarik tambang dalam air serta pawai mengelilingi lima desa di kecamatan Sambelia. |006|014|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah