Published On: Tue, Sep 29th, 2015

UU ASN Yang Baru Siratkan Penghapusan Honorer

dibaca 1,149 kali
Share This
Tags

uuRADIO LOMBOK FM – Kedepan sudah tidak ada lagi yang namanya Honorer. Begitulah salah satu point perubahan pada Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi materi sosialisasi UU tersebut pada Senin (28/9/2015), yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah yang dilaksanakan oleh Bagian Hukum Setda di Aula Kantor Bupati setempat.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Lombok Tengah, HL.Muttawali,SH mengatakan, UU yang baru tersebut merupakan pengganti UU nomor 8 tahun 1974 yang mengatur tentang pokok-pokok kepegawaian. “Ada sejumlah perubahan yang terjadi terkait dengan kepegawaian pada undang-undang yang baru ini,”katanya.

Diantara yang berubah tersebut lanjut Kabag Hukum, yakni mengenai batasan pension umur pegawai. Kalau pada UU Nomor 8 tahun 1974, umur pegawai 56 tahun dan pada UU nomor 5 tahun 2014 ini meningkat menjadi 58 tahun.”Namun itu berlaku untuk pegawai biasa, namun untuk eselon dua 60 tahun begitu juga dengan pegawai fungsional seperti yang dulu,”jelasnya.

Yang baru selanjutnya ungkap Kabag Hukum, ada istilah Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K). Dimana pegawai tersebut dikontrak setiap tahun sesuai dengan kebutuhan dinas atau istansi yang membutuhkan. Dimana P3K itu merupakan pegawai professional yang dibutuhkan.”Ini sama dengan honorer yang sewaktu-waktu kontraknya juga bisa diputus bila tidak diperlukan lagi,”terangnya.

Arah UU ASN tersebut lanjut Kabag Hukum, menciptakan aparat sipil yang Profesional, sehingga dimunculkan istilah P3K yang diharapkan hanya akan merekrut aparat sipil yang professional. Dimana dalam rekrutment-nya sama persis seperti rekrutmen PNS.” Saat rekrutment juga ada tes dan syarat-syarat lainya sesuai dengan tenaga professional yang dibutuhkan,”pungkasnya.|001|0141|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah