Published On: Thu, Oct 15th, 2015

Usaha Sate Ikan Khas Karang Bajo Bantu Ekonomi Keluarga

dibaca 1,163 kali
Share This
Tags

Sate-ikan-khas-karang-bajoTANJUNG, Lombok FM  – Sate ikan bakar khas Karang Bajo, Kecamatan Bayan rasanya berbeda dengan sate ikan lainnya, karena disamping rasanya pedas juga cukup lezat disantap, lebih-lebih bila dimakan saat masih hangat. Selain itu, usaha sate ikan khas Bayan ternyata mampu membantu perekonomian keluarga.

Salah seorang pegadang sate ikan bakar dari Desa Karang Bajo , Nursawi mengaku, usaha kecil ini dilakukan untuk menopang kehidupan keluarga dan sebagai biaya anak-anaknya yang sekolah.

“Kalau ditunggu hasil tani yang panen sekali 4 bulan, tentu anak-anak tidak dapat sekolah dan  belanja, sehingga saya bersama suami mencari solusi dengan usaha menjual sate ikan bakar setiap sore”, kata Nursawi.

Usaha ini, lanjut Nursawi cukup lancar karena banyak pesanan. “Memang untungnya tidak besar, tapi satenya cukup lancar. Paling dua jam jualan sudah habis dan dapat membawa pulang ratusan ribu rupiah”, jelasnya.

Harga sate ikan bakar cukup terjangkau bagi semua kalangan yaitu Rp. 1000 pertusuk. Dan sate ini cukup mudah ditemukan di Karang Bajo, mulai dari perbatasan Karang Bajo, tepatnya di Dusun Lokok Aur sate ini dapat ditemukan di Inaq  Tuan Siti Hadijah. Sementara di perempatan Ancak juga terdapat penjual sate ikan yaitu Wirtisari.

Dan jika berkunjunjung ke obyek wisata Senaru, sate ikan dapat dibeli di Nursawi dekat Heler Dasan Baro atau di Nilinep. Sementara didekat masjid kuno Bayan Beleq, sate ikan sudah tersedia di Nutrisah, dan masih banyak pedagang lainnya, yang semuanya berada di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan-Lombok Utara.

Cara membuat sate ikan khas Karang Bajo ini memang cukup rumit, karena harus menggunakan ikan segar. Tak heran bila setiap pagi para pengusaha kecil ini pergi ke pantai untuk membeli ikan segar ke nelayan. Ikan tersebut kemudian diambil dagingnya dan diiris kecil-kecil. Kemudian ditusuk dan dicampur dengan ragi dan santan kelapa. Setelah itu dibakar dengan menggunakan arang, dan satepun siap disantap.

Sate ikan khas Karang Bajo ini hanya dapat ditemukan pada sore hari hingga waktu maghrib. Dan bagi pembeli terlebih dahulu memesan dan siap antri menunggu giliran mendapatkan sate yang sudah terkenal hingga mancanegara ini.|004|067|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah