Published On: Mon, Feb 22nd, 2016

UPTD Dikpora Labuapi Gelar Bersih Pantai Dan Penanaman Pohon

dibaca 422 kali
Share This
Tags

lobarLombok Barat, lombokfm.com – Gerakan Peduli Lingkungan yang ditunjukkan denga penanaman 1.100 pohon lebih digelar UPTD Dikpora, Kecamatan Labuapi. Gagasan cukup brilian ini terbilang gerakan pionir pertama kali di lakukan di Lombok Barat yang melibatkan 979 pelajar di 7 SD yang masuk dalam gugus IV Kecamatan Labuapi. Aksi penanaman pohon ini sendiri dilakukan di sepanjang jalan pantai Desa Kuranji Dalang, Sabtu (20/2) lalu. Tidak terhenti sampai di situ, berikutnya murid SD dari kelas 1 sampai kelas 6 tersebut menyerbu Pantai Kuranji Dalang dan membersihkan seluruh sampah yang berserakan.

Tentu saja aksi peduli ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Plt. Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid. Ia bahkan meminta agar gerakan ini harus dilakukan secara berkesinambungan dan tetap dipertahankan, apalagi melibatkan peserta didik yang memang dari usia dini harus dibiasakan dengan kepedulian akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. “Karena itulah kalimat pertama yang pantas saya sampaikan yakni kalimat “genem” dan “telengok”,” kata Fauzan dihadapan ribuan murid di 7 SD gugus IV Labuapi serta Kadishut Lobar, Kasat Pol-PP, Kabag Humas Protokol, Camat Labuapi, anggota Muspika Labuapi dan keluarga besar UPTD Dikpora Labuapi.

Fauzan tersenyum sumringah tak mampu menyembunyikan kegembiraannya atas pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya sikap genem dalam bahasa Sasak artinya suka, hoby , kreatif, berbuat positif, beramal dan sebagainya. Dalam kehidupan kata kunci kesuksesan harus diawali denga genem. Sementara kata telengok diterjemahkan sebagai sikap yang peduli akan lingkungan keadaan sekitar termasuk terhadap kelestarian alam, kebersihan lingkungan sekitar termasuk kawasan pantai yang harus tetap dijaga dan dirawat sebaik-baiknya.

Fauzan yang dikenal cukup familiar terhhadap siapapun ini menambahkan, jika berkaca dari siklus iklim yang terjadi saat ini banyak sekali efek negatif dan mudaratnya. Prubahan musim tersebut seperti musim hujan mundur, musim panas yang tak berkesudahan dan tiba-tba hujan yang mendatangkan banjir, apalagi pohon habis ditebang. “Guna mengatasi itu semua harus dimulai dengan genem menanam pohon. Masyarakat misalnya saat ini dianggap tak pembersih. Padahal tiap hari kita dengar kebersihan itu sebagian dari iman. Alloh menyukai kebersihan dan keindahan. Tapi coba periksa kamar mandi, berbau dan kotor. Untuk itu semua kita harus semua genem bersihkan toilet dam bersihkan sampah. Kalau ada banyak sampah berarti banyak pula warga Labuapi yang tak genem,” sindir Fauzan.

Sementara H.M. Khairil Anwar S.IP. Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Labuapi, dihadapan Plt. Bupati menjelaskan, kegiatan ini dilakukan Kwaran Pramuka Kecamatan Labuapi dibac-uf oleh Camat Labuapi. Garakan penghijauan ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir yang sebelumnya diawali dengan orientasi kepramukaan bagi seluruh Kepala Sekolah se-Labuapi selama empat hari . Dilanjutkan dengan kursus mahir dasar selama 7 hari dengan berkemah di SDN 1 Labuapi.

UPTD Dikpora Kecamatan Labuapi juga melirik pemanfaatan sanggar budaya di Pantai Kuranji ini. Karena itu ia HM. Khairil Anwar mengaku telah berkoordinasi dengan pihak desa Kuranji Dalang. Khairil terinspirasi dengan pemanfaatan fungsi panggung budaya yang ada di Jembarana-Bali. “Jadi di sepanjang area panggung budaya di Kuranji Dalang ini nantinya digelar berbagai atraksi budaya, termasuk menyajikan aneka kuliner berupa aksi bakar ikan diiringi berbagai tarian khas atau kesenian yang ada di Desa Kuranji Dalang. Masukan ini juga berkat saran dari pengawas dan kepala sekolah yang ada di kecamatan Labuapi. Selain itu juga agar bantuan 1.100 bibit pohon ini bisa dimanfaatkan masyarakat terutama kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya,” harap Khairil.|010|50|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah