Published On: Sat, Oct 3rd, 2015

Uang Rakyat Harus Dikelola Berdasarkan Peraturan Yang Berlaku

dibaca 805 kali
Share This
Tags

ngilRADIO LOMBOK FM – Penggunaan uang negara dan uang rakyat dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan desa harus dikelola beradasarkan hukum atau peraturan yang berlaku.

Hal tersebut disamapikan Dr. Achmad Dheni, S didepan 33 kepala desa se KLU yang melakukan bimbingan teknis di Jakarta [02/10/2015].

Sumber Lombok FM di Jakarta, Kertamalip menyebutkan,Dr. Ahmad Dheni menjelaskan terkait dengan pengelolaan keuangan desa yang dibantu oleh Pelaksana Tekhnis Pengelolaan Keuangan Desa ( PTPKD ), yang dikoordinir oleh Sekretaris Desa dengan jumlah anggota tiga orang.

Secara umum perencanaan keuangan adalah kegiatan untuk memperkirakan pendapatan dan belanja dalam kurun waktu tertentu dimasa yang akan datang. Perencanaan keuangan desa dilakukan setelah menyusun RPJM Desa.

Sementara Rencana Kerja Pembangunan (RKP) desa menjadi dasar untuk menyusun APBDes yang merupakan hasil dari perencanaan keuangan desa. RKP Desa mulai disusun oleh pemerintah desa pada bulan Juli dan ditetapkan paling lambat akhir September.

Ahmad Dheni mengatakan,Pelaksanaan dalam pengelolaan keuangan desa merupakan implementasi atau eksekusi dari APBDes, termasuk dalam pelaksanaan di antaranya adalah proses pengadaan barang dan jasa, serta proses pembiayaan,Sedangkan tahap pelaksanaannya adalah rangkaian kegiatan untuk melaksanakan APBDes dalam satu tahun anggaran yang dimulai dari 1 januari hingga 31 Desember.

Pengelolaan keuangan desa merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistimatis ( teratur dan masuk akal/logis) dalam bidang keuangan berdasakan perinsip, standar, serta prosedur tertentu shingga informasi aktual berkenaan dengan keuangan dapat segera di peroleh.

Dalam pengelolaan keuangan desa , keterlibatan masyarakat menjadi paktor penting untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab masyarkat atas segala hal yang telah di putuskan dan dilaksanakan, menumbuhkan rasa memiliki sehingga masyarakat sadar dan sanggup untuk memelihara dan mengembangkan hasil-hasil pembangunan di desa. 004|034|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah