Published On: Sat, May 20th, 2017

TKI Purna Desa Pesanggrahan Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

dibaca 232 kali
Share This
Tags

b5RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur terpilih sebagai salah satu Desa untuk dilakukannya pembinaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Purna. Dalam pelatihan yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi NTB mengarah kepada bagian wirausaha. Dengan begitu bagi para peserta yaitu TKI Purna bisa melakukan usaha sendiri ditempatnya, dan tidak cenderung ingin kembali menjadi TKI.

“Tujuan kegiatan ini memang mengajarkan mereka untuk berusaha, agar mereka tidak ingin menjadi TKI lagi”, terangnya Musleh selaju Seksi perlindungan di BLH Provinsi, Jum’at (19/05).

Lanjutnya, mengenai kegiatan ini dalam per tahunnya ada empat belas paket dan itu diterapkan di semua Kabupaten yang menyasar ke Desa-desa, seperti salah satu ini yaitu Desa Pesanggrahan. Disebutkan banyak peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 25 orang dari semua ke Kadusan. Dan yang diajarkan dalam pelatihan ini adalah sebuah materi yang langsung praktik.

Pasca pelatihan nantinya pihak BLH tetap melakukan kontrol terhadap usaha yang digarap masyarakat sebagai peserta pelatihan ini. Ia mengakui tidak berani langsung melepas tanpa pemantauan ketika para pengusaha ini selesai pelatihan.
“Kita tetap kontrol mereka, dengan tujuan agar apa yang menjadi kendala mereka bisa mereka laporkan ke kita”, jelasnya.

Dikesempatan itu Kades Pesanggrahan H. Badrun kepada RADIO LOMBOK FM mengakui dirinya senang dengan kegiatan ini, sebab akan sangat membantu bagi masyarakatnya terlebih bagi para TKI purna. Dengan kegiatan itu juga akan melahirkan jiwa-jiwa wirausaha yang mampu mengelola apa yang menjadi potensi di Desa ini sendiri. Dengan begitu juga mereka tidak cenderung kepikiran menjadi TKI lagi apabila mereka memiliki usaha yang dikerjakan disini.

Sambungnya Badrun pelatihan ini akan berlangsung mulai hari ini sampai besok Minggu (21/05). Dalam kegiatan ini juga dilibatkan dari pihak Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Disnakertrans tutupnya.|002|037|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah