Published On: Sun, Mar 12th, 2017

Tingkatkan Profesionalitas Notaris

dibaca 418 kali
Share This
Tags

c1RADIO LOMBOK FM, MATARAM – Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pembekalan Uji Kode Etik Notaris (UKEN) 2017 yang dilaksanakan di Hotel Grand Legi Mataram (11/03/2017).

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas para Notaris yang ada wilayah Nusa Tenggara Barat. Dijelaskan Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) NTB, Hamzan Wahyudi, seiring dengan kemajuan zaman pada saat sekarang ini, Notaris akan banyak rintangan dan hambatan, banyak hal yang harus diperhatikan, sehingga menuntut kecerdasan seorang Notaris.

“Kalau dia tidak cerdas, tidak teliti dan lain sebagainya, lalu bagaimana dia bisa membuat sebuah akte yang kuat dan otentik”, kata Hamzan kepada RADIO LOMBOK FM di Mataram (11/03/2017).

Ia dan pengurus lainnya terus melakukan penataan Notaris di setiap kabupaten dan kota yang ada di NTB, karena pembinaan dan pembenahan harus dilakukan, terlebih terhadap notaris yang masih baru. Sehingga diharapkan kedepannya Notaris dapat menjaga profesinya sebagai Notaris yang beretika, bermartabat dan professional. Selain itu sebelum UKEN dilakukan, perlu dilakukan pembekalan terlebih dahulu, agar tujuan menjadikan sorang Notaris yang professional itu bisa tercapai.

Di Nusa Tenggara Barat saat ini ada 145 orang Notaris, dan kedepannya diperlukan seorang Notaris yang professional dan bermartabat terlebih lagi laju pertumbuhan ekonomi NTB di bidang pariwisata terus meningkat. Seperti yang di ungkapkan oleh Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang saat membuka acara seminar yang dimaksud “Pemerintah pusat telah menetapkan NTB berada di dua koridor. Koridornya adalah ketahanan pangan dan pariwisata.The next pariwisata itu akan ada di Propinsi NTB, dengan itu peran notaris semakin menemukan perannya”, katanya di Mataram (11/03/2017).

Tingkat pertumbuhan ekonomi NTB mengalami peningkatan yang cukup signifikan, kalau nasional menetapkan 5 persen sebagai target pertumbuhan, maka propinsi NTB menetapkan pada kisaran 8 hingga 9 persen. Selanjutnya Saharjo selaku wakil ketua bidang magang dan diklat pengurus wilayah Nusa Tenggara Barat mengharapkan, seorang Notaris bisa memberikan kontribusi dibidang kenotariatan di tengah masyarakat, untuk itu diperlukan adanya kegiatan pendidikan dan latihan agar bisa meningkatkan profesinalitas seorang notaris agar mampu meminimalisir persoalan-persoalan hukum di tengah masyarakat. |006|009|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah