Published On: Wed, May 10th, 2017

Tim Gabungan Amankan Ayam Ilegal Dari Bali

dibaca 132 kali
Share This
Tags

b7RADIO LOMBOK FM, MATARAM – Ribuan ayam ilegal dari Bali diamankan TNI AL di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Pesisir pantai KLU diduga salah satu jalur masuk barang ilegal.

Di Pantai Krakas, Kecamatan Gangga, personel tim gabungan mengamankan 1.000 ayam petelur yang dilabuhkan dari kawasan Bali. Danlanal Mataram, Kolonel Mar Djentayu Suprihandoko mengatakan, “ayam petelur itu dibawa dengan kapal perahu temple, Tidak memiliki dokumen dari karantina hewan. Ini ayam merah petelur,” ujarnya dikonfirmasi (9/5/2017).

Pengamanan ribuan ayam bersama petugas karantina Pelabuhan Bangsal, TNI AL, dan Polres Lombok Utara itu dilakukan dini hari sekitar pukul 02.20 Wita. Kapten perahu, RM yang dimintai keterangan usai diamankan menyebutkan ayam tersebut akan dibawa ke wilayah Lombok Timur. “Pemesannya dari sana, Ayam dibawa dari Karangasem, Bali,” sebutnya.

Dari keterangan pemilik kapal itu, sambung Dejentayu, diketahui pola pengiriman serupa sudah dilakukan sebanyak enam kali sepanjang 2017 ini, Selama ini lolos dari pantauan aparat maupun petugas karantina.

Sebab, penyelundupan itu tidak melalui pelabuhan resmi melainkan pelabuhan rakyat, “Barang diturunkan di sana kemudian lewat darat menggunakan truk dibawa untuk dipasarkan di wilayah Lombok Timur,” jelasnya. Total ada tiga orang, supir, kapten perahu dan satu ABK diamankan dan untuk sementara dititipkan di Polres Lotara. Barang bukti ayam diamankan ke Kantor Karantina Hewan Lembar. |006|016|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah