Published On: Tue, Apr 19th, 2016

Tim Akreditasi Puskesmas Akan Turun Survey

dibaca 1,027 kali
Share This
Tags

20RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Dari 29 puskesmas  di Lombok Timur (Lotim). Tahun ini hanya Puskesmas Aikmel yang diajukan ke pusat untuk akredititasi.  Tahapan akreditasi ini, direncanakan segara akan mulai  dilakukan. Bahkan akhir April ini,  tim  akreditas direncanakan  akan turun  untuk melakukan survey ke puskesmas  Aikmel.

Kadikes Lotim, Drg. Asrul Sany mengatakan,  ketentuan status akreditasi puskesmas ini diberlakukan secara nasional. Dan program akreditasi ini tidak hanya dilakukan di NTB melainkan seluruh Indonesia. Jumlah puskesmas yang diakreditasi disetiap provinsi ditentukan langsung oleh pusat. Namun untuk Lotim sendiri dari 29 puskesmas yang ada  hanya puskesmas Aikmel yang terpilih untuk akreditasi.

‘’Kita harus ikuti  harapan kita 29 puskesmas yang ada semuanya  terakreditasi,” ungkap  Asrul kepada RADIO LOMBOK FM Senin 18/4/2016.

Di NTB sendiri, sejauh ini hanya ada satu puskesmas yang sudah terakreditasi yaitu Puskesmas di Lombok Barat.  Namun jika   nantinya Puskesmas Aikmel lolos dalam akreditasi tersebut . Maka jumlah puskesmas yang terakreditasi di NTB  bertambah menjadi dua Puskesmas.  ‘’ Jelang akreditasi,persiapan di Puskesmas Aikmel cukup baik,” lanjut Asrul.

Selama akreditasi berlangsung lanjutnya , banyak hal yang akan dinilai ketika tim turun melakukan survey. Diantaranya, menyangkut  management, pelayanan UKM dan UKP, selanjutnya tim akreditasilah yang akan menentukan apakah semua itu sudah memenuhi standar  dan syarat dari segi administrasi . Karena semua itu juga nantinya harus dipertanggung jawabkan dengan dokumentasi yang baik.‘’ Karena adminsitrasi dan dokumentasi kegiatan pelayanan kesehatan di masyarakat juga harus sesuai dengan fakta dilapangan. Makanya akreditasi ini tergantung hasil survey tim ,” pungkasnya.

 

Proses akreditasi terhadap Puskesmas yang ada di Lotim diupayakan akan dilakukan secara bertahap. Apalagi cita-cita nasional yang mengharuskan  semua puskesmas dalam sekian tahun kedepan harus terakreditasi. Untuk mencapai itu, Dikes Lotim terus melakukan persiapan terhadap puskesmas –puskesmas yang lain di Lotim yang  juga akan diusulkan untuk akreditasi ‘’ Masalah akreditasi sudah menjadi keharusan secara nasional. Maka dipastikan kita terus melakukan persiapan,” tandasnya.(007)(052)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah