Published On: Mon, Jun 20th, 2016

Tiap Tahun NTB Kirim 50 Ribu TKI

dibaca 491 kali
Share This
Tags

tkiRADIO LOMBOK FM, Mataram – Hasrat masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk mengais rizki ke luar negeri terbilang cukup tinggi. Bahkan dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan secara jumlah, pada tahun 2015 jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal NTB menempati urutan nomer tiga se-Indonesia dan negara tujuan masih didominasi ke Malaysia dan Timur Tengah.

Setiap tahunnya provinsi NTB bisa mengirim TKI hingga 50 ribu hingga 60 ribu orang, dan masih cenderung memilih Negara tujuan bekernya yaitu Negara Malaysia. Namun penepatannya masih pada bidang Low Skil atau keterampilan yang masih rendah, seperti masih banyak yang bekerja di perkebunan dan di pabrik-pabrik.

“Saya mempunyai catatan bahwa NTB dalam tahun ke tahun menempati urutan nomor empat untuk penempatan tenaga kerja ke luar negeri setiap tahunnya, pada tahun 2015 bukan lagi nomor empat, tapi naik menjadi nomor tiga”, ungkap Deputi Penempatan BNP2TKI, Agusdin Subiantoro kepada RADIO LOMBOK FM di Mataram (20/06/2016).

Agus menambahkan, padahal kesempatan ke negara lain juga masih banyak peluang, ia mencontohkan, ke Taiwan untuk calon TKI masih sangat banyak di butuhkan terlebih lagi untuk bidang kesehatan.

Dan dari segi pendapatan, setiap bulannya seorang pekerja bisa mengantongi Rp.8 juta. Dalam urusan penempatan tenaga kerja, Indonesia memiliki empat bidang unggulan, seperti di bidang kesehatan, instalasi listrik, manufaktur dan konstruksi.

Dan untuk bekerja ke luar negeri, para calon TKI juga diberikan pilihan akan kemana sesuai dengan skill dan kemampuan setiap individu. Untuk diperhatikan juga oleh calon TKI adalah perlunya belajar bahasa dan budaya negara tujuan. |006|23|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah