Published On: Fri, Oct 17th, 2014

Terapkan Sistem CAT

dibaca 547 kali
Share This
Tags

LOGO LTENGRADIO LOMBOK FM|PRAYA|Pemerintah Daerah Jamin Transparansi Hasil Seleksi CPNS

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) memberikan jaminan, kalau hasil seleksi akademik untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, benar-benar transparan dan bisa dipertanggung jawabkan. Dengan diterapkanya sistem Computer Asested Test (CAT) untuk seleksi akademik  pada seleksi CPNS kali ini. Penegasan tersebut disampaikan Asisten III Sekda Loteng, H. Nursiah, S.Sos.M.Si., kepada LOMBOK FM, JUM’AT (17/10) kemarin.

Ditemuai dikantornya, Nursiah menjelaskan, dengan penerapan sistem CAT tersebut, maka peluang adanya permainan dalam proses seleksi bisa diminimalisir. Bahkan bisa dikatakan, tidak ada celah bagi pihak-pihak tertentu untuk mempermaikan hasil seleksi. Sehingga hasil seleksi nantinya benar-benar bersih.

Pasalnya, para peserta seleksi bisa secara real time (saat itu juga), melihat nilai dan rangkingnya begitu menyelesaikan soal saat ujian akademik. Hasilnya pun langsung tersimpan secara otomatis dan tidak bisa diubah-ubah oleh pihak manapun. “Jadi begitu peserta selesai menjawab soal, saat itu juga akan tertera nilai serta peringkatnya dimana,” terangnya.

 Untuk itu, pihaknya perlu menekankan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama lagi para calon peserta seleksi CPNS. Supaya tidak cepat percaya dengan bujuk rayu oknum-oknum tertentu yang menawarkan jasa untuk mengurus kelulusan dalam seleksi CPNS. Apalagi sampai meminta imbalan berupa uang.

“Kalau ada pihaknya yang menawarkan jasa untuk bisa lolos seleksi CPNS, saya tegaskan itu bohong. Karena tidak ada satupun pihak yang bisa mengubah-ubah hasil seleksi CPNS,” ujarnya. Kendati kemudian oknum tersebut membawa-bawa nama pejabat daerah hingga pusat.

Lebih baik masyarakat para calon peserta CPNS mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguhnya. Supaya pada saat seleksi nantinya, bisa memperoleh hasil yang maksimal. Ketimbang menjadi korban penipuan oleh para calon CPNS yang tidak jelas. “Yang penting sekarang bagaimana kita persiapan diri dengan maksimal. Guna menghadapi seleksi nantinya,” tegas mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Loteng ini.

Disinggung persiapan seleksi akademik, Nursiah mengaju sampai sejauh ini terus dipersiapkan. Termasuk untuk fasilitas CAT nantinya. Dimana saat ini, pemerintah sudah menyiapkan sebanyak 50 perangkat komputer yang akan digunakan pada saat seleksi nantinya.

Mengingat perangkat yang ada terbatas, maka proses seleksi akademik tidak bisa digelar sekaligus. Apalagi kalau pelamarnya mencapai ribuan orang. Maka tentunya akan dilakukan penjadwalan secara bergiliran. “Dengan perangkat yang ada, kita targetkan sehari bisa 30 pelamar yang mengikuti tes. Jadi prosesnya akan berlangsung cukup lama,” imbuhnya. Dan, saat ini saja sesuai laporan yang masuk pelamar untuk formasi CPNS Loteng sudah mencapai ribuan pelamar. |01005|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah