Published On: Tue, Oct 20th, 2015

Tembakau Rajang Komuditas Andalan Para Petani

dibaca 1,193 kali
Share This
Tags

tembakauLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com_Kecamatan Suela, salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur sebelah utara memiliki kondisi geografis berupa dataran tinggi / pegunungan. Selain terkenal dengan situs atau daerah yang memiliki peninggalan sejarah, Beberapa desa di kecamatan tersebut juga dikenal dengan potensi pada sector pertaniannya.

Salah satu komoditi pertanian yang menjadi adalan para petani di daerah tersebut adalah tembakau. Sebut saja di Desa Suntalangu, Mekar sari, Perigi, Selaparang mayoritas petani tembakau rajang. Hasil pertanian tembakau ini sudah dikenal kualitasnya oleh sebagian besar masyarakat Lombok bahkan hingga ke luar daerah.

“Tentu ini salah satu budi daya pertanian andalan kami, selain tembakau tidak terlalu membutuhkan banyak air dimusim kemarau juga harga jualnyapun cukup tinggi” jelas Habibuddin kepala Desa Suntalangu saat ditanya awak media selasa 20/10/2015.

Ia juga menambahkan, dengan adanya pengembangan budi daya tembakau rajang ini, telah membantu pemerintah mengatasi angka kemiskinan, bahkan banyak warga kami menunaikan ibadah haji dari hasil pertanian tembakau.

Para petani di desa tersebut memulai bertanam tembakau di awal musim kemarau dan biasanya dapat di panen setelah tanaman berumur kurang lebih 3 bulan, tergantung teknik dan cara perawatan. Para petani biasanya menjual hasil panen tembakaunya kepada pengepul/pengusaha tembakau.

Jika anda salah satu pengusaha komuditi pertanian khusu tembakau, anda bisa saja datang ke daerah penghasil tembakau ini. Selain itu anda juga dapat memproduksi tembakau Rajang ini mulai dari penanaman sampai pengolahannya. |006|028|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah