Published On: Mon, Jan 11th, 2016

Tata Kelola Air Belum Sepenuhnya Untuk Rakyat

dibaca 624 kali
Share This
Tags

82Lombok Timur. lombokfm.com – Persoalan pendistribusian air utamanya di Desa-desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan, seperti terjadi pada kawasan sub-das Pohgading Sunggen dan Pancor barong Desa Sapit, Suela, Mekarsari, Beriri jarak danJurit Baru salah satunya dikarenakan tidak adanya aturan tentang mekanisme pendistribusian air apalagi mengatur tentang pemberlakuan kontribusi dari masyarakat pemakai air ke desa yang menjadi penghasil sumber air tersebut.

Demikian disampaikan Hirsan Budi Caniago aktif di Gerakan Masyarakat Cinta alam (Gema Alam) Nusa Tenggara Barat pada rilisanya menyampaikan “Walaupun saat ini sudah ada Peraturan daerah (Perda) tentang Perlindungan Air Baku di Kabupaten Lombok Timur, namun dalam Perda tersebut tidak mengatur baik tentang mekanisme pendistribusian air maupun pemberlakuan kontribusi” jelasnya sabtu, 09/01/2016.

Olehkarenaitu, kedepan perlu dipikirkan untuk merumuskan peraturan daerah ataupun peraturan desa yang mengatur atau mengakomodasi tentang mekanisme pendistribusian air maupun kompensasi yang perlu dikembangkan dalam rangka menjaga keberlangsungan sumber daya air.

Dari kondisi ini maka strategi pengentasan kemiskinan mesti juga dengan menata kelola hutan dan air dengan baik good forest and water governance. Keberadaan hutan seharusnya berkontribusi secara berkelanjutan bagi keberlangsungan ekologi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sekitar kawasan hutan.

Hirsan juga menambahkan, pada kondisi saat ini patut menjadi perhatian para pemangku kepentingan sebagai actor tata kelola hutan dan air untuk mewujudkan visi Hutan dan air lestari, Masyarakat sejahtera, baik pemerintah, pemerhati/ praktisi, akademisi maupun media/pers dan kelompok masyarakat serta para pihak lain yang terkait guna mawujudkan tatakelola sumberdaya hutan dan air secara transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan koordinasi. |006|005|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah