Published On: Fri, Sep 2nd, 2016

Tahun 2016 DIKES Lombok Utara Kurangi Belanja Obat 

dibaca 237 kali
Share This
Tags

H.SUHARDI (1)RADIO LOMBOK FM, Lombok Utara—Dinas kesehatan Kabupaten Lombok Utara (KLU) tahun ini melakukan penghematan untuk belanja obat. Besaran dana yang digunakan untuk belanja obat tahun ini dikabarkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan tahun lalu.

‘’Tahun ini untuk belanja obat kita hanya 1,1 miliar pertahun, berbeda dengan tahun lalu yang jauh lebih besar,”ungkap PLT Kadikes KLU Suhardi kepada RADIO LOMBOK FM, kamis (01/09/2016).

Bukan karena tidak ada alasan dalam penghematan belanja obat tahun ini, kata Suhardi pengurangan belanja obat tersebut didasari oleh beberapa faktor, dimana tahun ini dinas kesehatan tidak diberikan jatah oleh pusat untuk pembelian obat dari dana DAK yang setiap tahunnya mencapai 1, 7 miliar.

Sehingga yang biasanya dikes membeli obat 9 ribu perkapita dan tahun ini menurun menjadi 4500 per kapita. Kondisi ini dikatakan Suhardi baru pertama kali dialami oleh daerah terkait dengan tidak diberikannya rangsangan oleh pusat dalam pembelian obat tersebut.

Sementara untuk mencukupi kebutuhan obat untuk masyarakat KLU, pihaknya kata Suhardi  didanai melalui JKN  Dan juga melalui APBD yang telah dicantumkan untuk pembelian obat di dalam DPA dinas terkait.

‘’Untuk kualitas obat tetap sama, kita membeli obat di badan penyedia obat nasional, dan untuk pembelian butuh proses, tidak begitu membeli kita langsung diberikan,”jelasnya. (005I002)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah