Published On: Fri, Nov 13th, 2015

SURYA 5 Satu Satunya Paslon Sahabat Petani

dibaca 719 kali
Share This
Tags

no 5LOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 5 atau yang menyebut dirinya paket SURYA merupakan satu-satunya sahabat petani. Karena dari ke 5 paslon yang ada, hanya paket nomor 5 saja yang memiliki sarjana pertanian. Demikian pernyataan Calon Wakil Bupati dari paket SURYA, Zainul Aidi,SP pada Debat Terbuka Pilkada Lombok Tengah tahun 2015,Selasa (10/11) lalu.

Pantauan Lombok FM, pada segmen Kandidat Bertanya-Kandidat Menjawab tersebut, paslon Gde Derip-Zainul Aidi harus menjawab pertanyaan dari paslon nomer 4 H.Suharto-Hj.Lale Widare. Setelah mengambil undian, paslon nomor 5 ini harus menjawab pertanyaan paslon nomor 4 dengan tema pembangunan pertanian dan perwujudan kedaulatan pangan.

Adapun pertanyaan H.Suharto kepada pasangan nomor 5 yakni, apa langkah meningkatkan hasil produksi pertanian di Lombok Tengah. Pertanyaan tersebut kemudian dijawab Calon Wakil Bupati SURYA,Zainul Aidi yang menyatakan, lahan pertanian di Lombok Tengah seluas 54680 hektar yang selama ini tidak dikelola dengan baik. Hal itu akibat focus perhatian pemerintah yang tidak jelas.

Untuk itu lanjut Zainul Aidi, paket SURYA ingin menjadi sahabat petani dengan menyelesaikan persoalanpersolan yang selama ini dihadapi para petani.”Dari aspek pengairan, kami punya program peririq embung bangket-sasak red (perbaiki saluran dan penampungan air sawah) kalau hal itu bisa dilakukan didaerah-daerah yang hanya pola tanamnya satu kali dan khawatir pada musim tanam kedua, maka itu tidak akan terjadi lagi,”Katanya.

Selanjutnya tandas Zainul Aidi, petani saat ini dihadapkan pada persoalan pemasaran. Untuk itu, bila paket SURYA 5 terpilih, maka petani akan ditekankan untuk focus pada kegiatan bercocok tanam agar kwalitas hasil tanamanya bisa terjamin. Kegiatan dan bagaimana pemasaran hasil tani akan dipikirkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).”Agar lebih jelas lagi, Bumdes berfikir tentang pemasaranya dan petani berfikir tentang bercocok tanamnya,”Jelasnya.

Konci mewujudkan kedaulatan pangan tandas Zainul Aidi, bagaimana kedaulatan pangan dibangun terlebih dahulu dari tingkat pedesaan. Untuk itulah paket SURYA akan fokus kemasalah pertanian karena 75 persen penduduk di Lombok Tengah adalah petani. Sangat ironis ketika IPM di Lombok Tengah berada diposisi ke 9 dari 10 Kabupaten/Kota di NTB.”Kedepan paket kami bagaimana membuat Bumdes sebagai penggerak ekonomi dipedesaan, disitulah petani membeli pupuk, obat-obatan dan juga bibit. Tidak melalui makelar yang selama ini terjadi.”Tandasnya.

Zainul Aidi, menyadari kalau begitu berat persoalan yang dihadapi petani. Sehingga kedepan lumbung-lumbung yang ada didesa harus diisi kembali. Petani makan dari hasil yang diproduksi dari desa itu, sehingga desa berkumpul dengan baik dan gambaran bagaimana kehidupan desa bisa diwujudkan dengan baik dalam 5 tahun kepemimpinan paket Surya.
Gede Derip, pada kesempatan tersebut juga menambahkan, agar peningkatan produksi pertanian terwujud maka duiperlukan intesifikasi dan ekstensifikasi pertanian harus dijaga dengan baik.001|18|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah