Published On: Sun, Oct 18th, 2015

Sketsasak Filem Garapan Warga sasak

dibaca 959 kali
Share This
Tags

LOMBOK TIMUR, lombok timur Lombokfm.com_Salah satu kegiatan rutin Sanggar Olor Chetok bersama media komunitas Speaker Kampung penggarapan film pendek yang akrab dikenal dengan sketsasak. Sketsasak plesetan dari cerita singkat rakyat sasak ini telah mengoleksi tujuh episode dengan berbagai tema dan memiliki pesan moral.

Pembuatan filem sketsasak tersebut dikonsep dengan kekuatan komunitasnya. Mereka secar bergontong royong menyiapkan perlengkapan. Setiap perlengkapan mereka secara berpatungan penyiapanya.

Dikatakan Ruli Ardiyansyah cameramen Sketsasak saat ditemui Lombok fm ahad (18/10/2015) menjelaskanmengenai perangkat yang diperlukan cukup sederhana, kamera DSLR, hand phone dengan fasilitas kamera, eksend bord, replektor dan tripord atau tongsis untuk proses pengambilan gambar. Sementara untuk perlengkapan editing cukup dengan menyiapkan computer atau leptop, ujar Ruly.

Filem kreasi warga sasak ini kemudian dipublis melalui kanal speaker televise saluran TV kabel khusu untuk Desa Ketangga. Selain itu filem sketsasak ini juga di tayangkan melalui youtube.

“bagi anda yang ingin menyaksikan hasil karya kami silahkan klik di youtobe. Tinggal menuliskan pencarian sketsasak cerita singkat rakyat sasak anda bisa tertawa riang” ujar Ruly.

Pada episode perdana dan ke dua sketsasak mengusung cerita bernilai pendidikan. Sementara episode tiga mengangkat cerita tentang seorang preman yang mencelakakan dirinya akibat kezolimannya sendiri.

Berbeda dengan episode ke empat para kreator Sketsasak menciptakan alat musik unik dengan perlengkapan perabot dapur dan barang bekas. Mereka merakit perabot dapur sebagai instrumen musik gamelan. Kemudian mereka memainkan sesuai ritme musik gending khas gamelan.

Sementara pada episode ke lima para pemain sketsasak kembali berakting memperagakan celoteh anak. Adapun pesan moral yang disampaikan kita diharapkan menjadi seorang yang dermawan.

ketsasak hasil karya anak ini direspon positif oleh para pelaku seni lokal. Mereka tertarik untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan sketsasak. Walhasil muncullah sebuah ide filem dengan skenario konsep spontanitas. Karya filem pendek sketsasak tersebut berjudul dukun kepusak. Karya filem ini cukup diminati masyarakat lokal khusunya warga kaki gunung rinjani.

Rencananya filem pendek sketsasak akan loucing minggu ke empat bulan oktober ini. Para pemain akan pentas secara langsung di bale kreatif Sanggar Olor Chetok Desa ketangga, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. |006|024|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah