Published On: Thu, Dec 17th, 2015

Sistem Pengendali Kegiatan Organisasi Pemerintah Berpungsi Cegah Korupsi

dibaca 329 kali
Share This
Tags

LOMBOK TIMUR, Lombokfm.com – Setiap organisasi pemerintah sudah seharusnya memiliki sistem pengendalian dalam setiap kegiatan, hal itu sudah di atur di Perpres no 60 tahun 2008, dimana nantinya berfungsi sebagai pencegah korupsi dan kesalahan lainnya di program kegiatan yang di laksanakan.

Kepala perwakilan BPK Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr.Bonardo Hutauruk menilai seluruh organisasi pemerintahan di NTB dalam melaksanakan perogram kegiatan, masih di rata-rata level 2, sedangkan RPJM di level 6.

“Tentu ini masih jauh dari harapan, dan masih banyaknya yang bolong belum di tambal di setiap kegiatan yang di laksanakan”, paparnya kamis 17/12/2015 saat di wawancarai Lombok FM di pondopo Bupati Lotim.

Dijelaskan, setiap ada kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap organisasi pemerintah agar betul-betul memungsikan pengendalian sistem tersebut, karena dengan adanya hal itu akan mengarahkan ke sisi output yang mengena, dan hasilnya memuaskan.

“Sistem itu merupakan penguat, dan dijalankan oleh managment, dimana mereka di dalamnya ada SKPD, camat dan lain sebagainya”, jelasnya.

Menurut Bonarda, suksesnya sebuah kegiatan, paling tidak sebelum melaksanakan harus di petakan dulu resikonya, umpama kegiatan A memiliki resiko 100 persen, di klasifikasikan bahwa 50 resiko utama yang harus di selesaikan dan resiko lainnya.

“Dengan adanya pemetaan resiko ini, tentu nantinya akan menjalankan kegiatan yang hasilnya memuaskan, karena besaran resikonya kita sudah tau, dalam mengatasinyapun sudah kita siapkan, paparnya.

Dikatakan, bahwa mengedapankan ke patuhan dan profesional dalam setiap laporan kegiatan tersebut, sehingga di saat pemeriksaan semuanya berjalan dengan jujur tanpa ada yang di sembunyikan.

“Kita berharap agar tidak ada yang menganggap karena mereka teman dekat sehingga hasil dari audit kegiatan itu sendiri tidak di tangani dengan serius”,pungkasnya. 007/011

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah