Published On: Wed, Dec 30th, 2015

Siapa Wakil Bupati Bila Bupati Terpilih Calonkan Diri Jadi Gubernur?

dibaca 1,817 kali
Share This
Tags

1426433_1044074418986865_3366867944836542334_nLOMBOK TENGAH,lombokfm.com – Walau masih setahun lagu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB sudah mulai terdengar ditengah-tengah masyarakat. Apalagi di media social (Medsos) berbagai macam isu tentang nama-nama yang akan maju menjadi calon kini mulai bermunculan.

Di Lombok Tengah sendiri, tersiar kabar kalau Bupati Lombok Tengah terpilih, HM.Suhaili,FT.SH.MM disebut-sebut sebagai salah satu Bakal Calon (Balon) pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2017 mendatang.”Saatnya putra Lombok Tengah mencoba mengelola NTB yang penuh potensi ini,”Ujar H.Murdi 51 tahun warga Desa Nyerot Kecamatan Jonggat, Selasa (29/12) 2015 kepada Lombok FM.

Bila calon Bupati Lombok Tengah terpilih, HM.Suhaili,FT benar-benar mencalonkan diri sebagai Gubernur, justeru yang disoroti masyarakat adalah siapa penggantinya sebagai Bupati di Lombok Tengah. Karena bila dari kader partai Golkar jelas tidak mungkin karena tidak tercatat sebagai partai pengusung.”Kalau benar H.Suhaili mencalonkan diri, tentu yang akan naik menjadi Bupati adalah Wakil terpilih,”Tambah H.Murdi.

Pertanyaanya lanjut H.Murdi, siapa yang akan menjadi Wakil Bupati bila Wakil terpilih, H.L.Pathul Bahri menjadi Bupati. Karena Golkar yang merupakan partai HM.Suhaili,FT tidak tercatat sebagai partai pengusung.”Tentu paling banter yang akan naik menjadi Wakil Bupati adalah kader dari partai pengusung yakni kader PKS,”Jelasnya.

Terkait dengan hal tersebut, salah seorang kader partai PKS, Humaidi,ST ditemui terpisah oleh Lombok FM mengatakan, hingga saat ini pihak partai belum mendengar dan belum pernah membicarakan terkait dengan hal tersebut. “Kami belum pernah membicarakan soal itu. Sama sekali belum pernah,”Tandasnya.

Ditanya soal kemungkinan Bupati terpilih mencalonkan diri sebagai Gubernur, Humaidi mengatakan hal itu sangat mungkin. Begitu juga dengan koalisi partai bisa sama persis seperti koalisi saat pilkada Bupati dan wakil Bupati Lombok Tengah tanggal 9 desember lalu.”Kemungkinan beliau mencalonkan diri memang sangat besar,”Katanya.

Melihat dari segi regulasi yang berlaku lanjut Humaidi,ST, biasanya yang bisa naik sebagai wakil bupati bila Bupati terpilih mundur adalah kader dari partai pengusung. Dan itupun sebagai penggantinya harus sesuai dengan kesepakatan partai pengusung.”Kalau memang benar itu terjadi maka penggantinya dari kader paratai pengusung,”tegasnya|001|66|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah