Published On: Mon, Jul 17th, 2017

Shaleh: Layanan Informasi TKI Masih Dikuasai Calo

dibaca 171 kali
Share This
Tags

2RADIO LOMBOK FM, MATARAM- Meski pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah membuat Lembaga Terpadu Satu Pintu (LTSP) yang menyediakan layanan informasi kepada masyarakat, namun perannya dianggap masih kurang optimal. Karena di lapangan, para calo lebih sering bertemu dengan calon TKI.

Hal tersebut diungkapkan M Shaleh dari Pusat Bantuan Hukum Buruh Migran (PBHBM) Mataram. Dijelaskannya, calo adalah pemberi layanan informasiyang terbesar bagi para calon tenaga kerja indonesia (TKI). Dalam prakteknya, mereka hanya memikirkan bagaimana bisa mendapat untung besar.

“Informasi yang calo sampaikan banyak yang tidak benar. Walaupun media massa sudah memberitakan tentang moratorium untuk 22 negara di Timur Tengah, calo selalu memberi keyakinan bahwa informasi itu tidak benar,” beber Shaleh di Mataram (14/7/2017).

Sementara Kasi Syarat Kerja dan Kelembagaan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, Lalu Darma membenarkan peran calo itu. “Memang peran calo itu luar biasa. Semoga dengan regulasi yang dibuat oleh pemerintah daerah, pelan-pelan peran mereka akan kita eliminir,” jelasnya.

Ditambahkannya, pemerintah daerah telah membuat peraturan daerah atau Perda ‘Semangat Perlindungan Maksimal’ tahun 2016. Perda tersebut menurutnya akan dimaksimalkan, terutama saat pra pemberangkatan.

Lanjut Lalu Darma, pemerintah Provinsi NTB sejak delapan tahun lalu telah membuat Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP).

Sementara ditahun 2017, pemerintah provinsi berencana akan melaunching tiga LTSP di tiga kabupaten dan kota. Yakni Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Sumbawa. Tujuannya, memudahkan pemberian pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal informasi ketenagakerjaan. |006|002|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah