Published On: Sun, Oct 20th, 2013

SBY Kunjungi Amien Rais Sinyal Koalisi Demokrat-PAN

dibaca 513 kali
Share This
Tags
SBY Kunjungi Amien Rais Sinyal Koalisi Demokrat-PAN

SBY Kunjungi Amien Rais Sinyal Koalisi Demokrat-PAN

Tribunnews.com, JAKARTA– Dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta dan sekitarnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri menemui Amien Rais di kediamannya di Jalan Pandeansari Blok 2 No. 5, Condongcatur, Depok, Sleman.

Dalam kunjungan itu, SBY ditemani sejumlah menteri di antaranya Mendikbud M Nuh, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menko Polhu­kam Djoko Su­yanto.

Setelah mendarat di Bandara Adisutjipto, rombongan ke­presidenan pada Kamis (17/10/2013)  malam, langsung meluncur ke rumah Amien. Hampir dua jam, pertemuan dilakukan secara ­tertutup.

Heri Budiato, Direktur Political Communication Institute menilai pertemuan SBY dan Amien Rais tersebut sebagai simbol Koalisi Demokrat-PAN 2014.

Alasannya, menurut Pakar Komunikasi Politik ini, kedatangan Presiden SBY ke Kediaman Amien Rais Jumat kemarin di Yogjakarta bukan hanya silaturahmi biasa antara kedua tokoh. Silaturahmi itu tentu memiliki muatan politis yang tinggi.

Karena, imbuh dia, keduanya merupakan tokoh yang paling berpengaruh di partai masing-masing. SBY merupakan ketua umum Partai Demokrat dan Amien Rais adalah pendiri PAN dan tokoh sangat berpengaruh di PAN.

“Saya melihat ini adalah silaturahmi politk dan ini merupakan simbol mesranya hubungan Partai Demokrat dan PAN,” ungkap Pakar Komunikasi Politik ini kepada Tribunnews.com, Minggu (20/10/2013).

Dia tegaskan, pertemuan ini bisa saja momentum berlanjutnya koalisi Demokrat dan PAN dalam Pemilu 2014 dan bahkan sinyal koalisi dalam Pilpres.

Seperti diketahui bahwa saat ini partai demokrat sedang menjaring capres melalui konvensi dan PAN berketetapan mencalonkan ketua umumnya Hatta Rajasa yang juga besan Presiden SBY.

“Kedepan peluang koalisi Demokrat dan PAN dalam Pilpres paling rasional dan paling mungkin direalisasikan,” tuturnya.

Lebih lanjut kata dia, dari anggota partai koalisi yang tergabung dalam setgab saat ini, PAN termasuk partai yang setia mendukung kepemimpinan SBY, jika dibandingkan dengan PKS,  Golkar dan PPP. Karenanya relasi politik yang baik ini, juga ditunjukkan oleh kedua tokoh berpengaruh masing-masing partai ini.

“Nah simbol politik kearah sana ditunjukkan dalam perintiwa kedatangan SBY ke kediaman Amin Rais di Yogyaakarta,” jelasnya.

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah