Published On: Tue, Oct 6th, 2015

Sansuri : “DPT Tak Perlu Dicurigai”

dibaca 452 kali
Share This
Tags

suriRADIO LOMBOK FM – Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak perlu dicurigai. Upaya-upaya pembersihan DPT dari nama-nama pemilih ganda dan yang lainya bisa terus dilakukan. Demikian disampaikan oleh Divisi Tehknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Lombok Tengah, Sansuri.Spt pada Senin (5/10/2015) di Kantor KPU setempat.

Sansuri menjelaskan, pleno penetapan DPT merupakan kewenangan KPU. Dimana saat pleno terbuka itu harus dihadiri oleh pasangan calon, panwaslu dan PPK. Masing-masing pihak tersebut berhak untuk berbicara saat pleno tersebut.”Kita sudah memberikan hak itu kepada semua yang hadir. Dari masukan yang diberikan sudah ditindak lanjuti saat pleno waktu itu. Seperti nama yang belum masuk DPT, nama ganda dan lainya,”jelasnya.

Setelah melalui perdebatan dan diskusi yang panjang, diakhir rapat pleno KPU kembali menanyakan terkait dengan hasil rapat mengenai adakah hal yang belum jelas dan dijawab oleh peserta rapat saat itu dengan tidak masalah lagi. Saat itulah kemudian DPT ditetapkan oleh pihak KPU.”Jadi KPU punya kewenangan tetapkan DPT tanpa meminta persetujuan pihak lain tetapi boleh memberikan masukan. Dan DPT yang sudah kami sahkan itu sudah sah,”kata sansuri.

Namun demikian lanjut sansuri, ada catatan-catatan yang diberikan yakni apabila ditemukan masih ada nama-nama di DPT yang sudah tidak memenuhi syarat lagi sebagai pemilih, maka pihak KPU akan melakukan pencoretan pada hari H pemilu.”Begitu juga bila ditemukan setelah DPT ini ditetapkan maka berikan rekomendasi kepada kami untuk mencoretnya dan bila benar kami akan coret dari DPT,”Tandasnya.|001|017|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah