Published On: Sun, Oct 11th, 2015

Sampah Rinjani Menjadi Keluhan Wisatawan

dibaca 1,114 kali
Share This
Tags

rinjaniRADIO LOMBOK FM – Sampah yang berserakan di dua jalur pendakian ke Gunung Rinjani yaitu jalur Sembalun-Lombok Timur dan jalur Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, hingga saat masih menjadi keluhan para wisatawan mancanegara.

Hal itu diakui oleh salah seorang porter Rinjani, Amaq Ahyar ketika ditemui Lombok FM [11/10/15]. Menurutnya para wisatawan yang berkunjung ke Rinjani atau ke Danau segara Anak merasa tidak nyaman karena sampah bertebaran dijalur Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

“Di dua jalur pendakian dan Danau Segara anak masih banyak ditemukan sampah berserakan dimana-mana,Selain itu banyak juga anjing yang berkeliaran di kawasan wisata yang terkenal di seantero dunia ini”, ungkap Amaq Ahyar.

Amaq Ahyar yang sudah dua tahun menjadi porter Rinjani mengaku, banyaknya sampah yang berserakan di jalur pendakian menjadi keluahan wisatawan,sementara petugas sendiri jarang naik membersihkan sampah.

“Saya berharap lanjut Amaq Ahyar,agar petugas bisa membersihkan sampah-sampah tersebut,Jadi jangan hanya bisa memungut uang karcis saja, sementara sampah tidak dibersihkan”, tegas Amaq Ahyar.

Sementara, salah seorang pemerhati pariwisata Rinjani, Raden Sawinggih kepada Lombok FM mengatakan,Banyaknya sampah di Rinjani,disebabkan sistem managemen pengelolaannya yang kurang serta kesadaran pengunjung yang minim sehingga membuang sampah sembarangan.

“Soal pembersihan sampah tentu itu tugas dari TNGR sesuai dengan PP nomor 12. Kalau memang petugas tidak mampu mengatasi soal sampah ini lebih baik Rinjani ditutup saja”, tegasnya.

Gunung Rinjani yang bersuara untuk umat manusia, membutuhkan tindakan besar, dan memahaminya sebagai kebaikan, bukan sebagai lahan bisnis, yang menggemukkan dompet pemilik kekuasaan.

Bukankah sebagai Taman Geologi Nasional, ia menyimpan segala kebaikan ilmu yang dapat dipelajari, tentang struktur batuan dari kulit Bumi? Atau setidaknya mengobati mata yang sakit ketika di pagi hari ia wajib memunculkan dirinya bersama terbitnya matahari.|004|047|

      76-VOICE-Amaq-Ahyar-PORTER-RIUNJANI-TERKAIT-SAMPAH

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah