Published On: Tue, May 17th, 2016

Sambut Tim UNESCO Geopark Rinjani, Budpar Lotim Lakukan Clean up

dibaca 857 kali
Share This
Tags
budr
RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Penilaian dari Tim UNESCO terkait Geopark Rinjani, Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur lakukan persiapan berupa ‘’cleanup’’. Hal itu dilakukan tepat diwilayah pusuk sembalun. ‘’kita lakukan cleanup di pusuk Sembalun, baik dari sepanjang jalan menuju pusuk dan setelahnya’’, jelas Kabid Objek Daya Tarik dan Sarana Wisata (ODTSW) Ari Heriawan kepada RADIO LOMBOK FM, Selasa 17/5/2016.
Dijelaskan berupa apa yang menjadi penilain rinjani menjadi Geopark yaitu dimana dalam penataan management dalam pengelolaan tempat wisata tersebut, kemudian kemajuan perkembangan ekonomi masyarakat setempat. Sesampainya besok para tim UNESCO tersebut mereka langsung diarahkan ke Sembalun, dan langsung disambut dengan penyembean, oleh masyarakat setempat yang berlokasi di pusuk. Setelah itu untuk kegiatan malamnya pihak Budpar gelar review dengan tim UNESCO dan masyarakat. ‘’dalam acara review itu selain masyarakat setempat siapapun boleh mengikutinya’’, katanya.
Dijelaskan kembali kenapa Rinjani terpilih sebagai ikon geologi dunia untuk geopark, karena hanya Rinjani yang lolos dari sekian lokasi yang masuk nominasi geopark dunia, dan tim UNESCO tidak memilih hanya Rinjani saja, dan bukan sendirinya menjadi peserta melainkan banyak. ‘’hanya Rinjani yang melesat kedepan, dari beberapa pesaingnya’’, singkat Ari. Dituturkan Ari, Rinjani sebelumnya memang sudah mendapat predikat Ikon Geopark secara nasional, dan sekarang kelasnya internasional. ‘’kita dari Budpar mewakili masyarakat Lotim optimis kalau Rinjani akan masuk Geopark Dunia’’, ucapnya. (002)(035)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah