Published On: Fri, Feb 10th, 2017

Sambelia Diterjang Banjir

dibaca 398 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Kamis (09/02/2017) sekitar pukul  02.00 dini hari bencana banjir terjang kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Dari data yang dihimpun RADIO LOMBOK FM sejumlah desa dikecamatan tersebut terendam banjir yang diakibatkan oleh hujan deras yang membuat air sungai meluap ke pemukiman warga di desa Sugian, Batu Sela Desa Dara Kunci, Desa Sambelia, Desa Dadap, dan Dusun Veteran Desa Labu.l2

Selain air sungai yang meluap dan merendam pemukiman warga, air juga merusak sejumlah jembatan sebagai akses jalan hingga nyaris putus. Dilokasi banjir Pemerintah Kabupaten Lotim sudah menyiagakan pasukan dari BPBD untuk memberikan bantuan penuh untuk melakukan evakuasi.

Bupati Lotim H. M. Ali Bin Dachlan yang langsung ke lokasi banjir saat diwawancara RADIO LOMBOK FM mengatakan banjir saat ini tidak begitu parah, malah lebih parah tahun lalu, ungkapnya.

Untuk memaksimalkan bantuan Ali juga memerintahkan kepada pihak LHK agar langsung menurunkan ekskavator dan dump truck untuk membacup tugas dari BPBD. Tak hanya LHK Bupati juga memerintahkan kepada dinas pertanian agar langsung mendata berapa banyak sawah masyarakat yang terendam banjir.

Ir. Zaini saat di temui dilokasi memaparkan, area tanaman yang terdampak banjir tapi tidak rusak yaitu, yang berusia dari 7 – 45 seluas 14,5 hektar  di Desa Belanting sebanyak 5,6 hektare, di Desa Sugian 100 hektar, di Desa Dara Kunci 66,5 hektar, di Labu Pandan 14,57 hektar , di Desa Dadap 15 hektar, dan di Desa Madean 15 hektar .

Sedangkan untuk tanaman jagung yang rusak rebah karena tertiup angin lanjut Zaini, 95,3 hektar yang berlokasi di Desa Labu Pandan, 4,3 hektar di Desa Dara Kunci, dan 61 hektar di Desa Bagek Manis.

‘’Data bisa berubah ubah sesuai kondisi’’, jelasnya.

Dengan begitu ia menghimbau agar masyarakat tetap selalu waspada menghadapi cuaca yang cukup ekstrim ini, harapnya.|002|022|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah