Published On: Tue, Sep 6th, 2016

Rumah Cerdas dan Forta Lobar Galang Dana Bagi Bunbeleng

dibaca 169 kali
Share This
Tags

bantuan bunbelengRADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Sanggar Belajar Rumah Cerdas bersama Forta (forum Wartawan) Lombok Barat melakukan bakti sosial penggalangan dana di Bundaran Giri Menang Square, Sabtu (03/09/2016) akhir pekan lalu. Aksi ini turut diikuti oleh sejumlah mahasiswa dan tokoh masyarakat di Lombok Barat.

Penggalangan dana tersebut dihajatkan untuk membantu Dusun Bun Beleng yang berada di wilayah terisolir. Kehidupan masyarakat Bun beleng jauh dari kata layak. Seluruh fasilitas maupun infrastruktur dusun ini masih terbilang sangat minim. “Dana tersebut akan digunakan untuk membuka akses jalan baru sejauh 2,5 kilometer,” ungkap Ketua Yayasan Sanggar Belajar Rumah Cerdas Evi Febriana.

Evi menjelaskan, pada awal ia mendatangi Bun Beleng, ia hanya berniat ingin membantu pendidikan anak-anak di kawasan tersebut. Namun setelah menyaksikan sendiri medan yang harus dilalui, ia berinisiatif jika bantuan tidak boleh hanya sebatas itu saja.

Ia ingin membantu tak hanya dari pendidikan, namun juga aspek lainnya. Mulai dari fasilitas infrastruktur, perekonomian, kesehatan dan lainnya. Namun ia sadar jika hal tersebut tidak akan terwujud dengan kondisi akses yang ada.

Evi melanjutkan, kehidupan warga dusun Bun Beleng harus didukung sekali dengan adanya jalan yang layak dan lebih dekat untuk menunjang perekonomian kesehatan dan pendidikan untuk anak anak penerus bangsa. Lewat bansos inilah ia ingin menarik rasa kepedulian antara umat manusia. “ Lewat aksi ini kita betujuan untuk menanamkan rasa kepedulian akan sesama manusia, ” ujarnya.

Masalahnya warga Dusun Bun Beleng kehidupannya serba dari hasil swadaya dari masyarakat itu sendiri dari listrik, air, sampai pendidikanpun. Dengan jumlah 500 kepala keluarga dusun Beleng ini sangat membutuhkan sekali bantuan dari masyarakat.

Dalam aksinya rumah cerdas, wartawan beserta relawan mahasiswa dari berbagai kampus yang bertempat tinggal di Lombok barat ikut menyemangati aksi tersebut. untuk mewujudkan kemrdekaan dusun bun beleng.

Banyak fasilitas yang dibutuhkan. Diantaranya , puskesmas sangat penting untuk warga Bun Beleng. Sebab setiap ibu hamil yang mau melahirkan, masyarakat Bun Beleng menggotongnya menggunakan tandu bambu dan sarung jalan kaki sejauh enam sampai tujuh kilo meter. “ Karena akses jalan yang tidak layak dan jauh, terkadang ibu hamil melahirkan dijalan” tuturnya.

Dalam bansos ini ia berharap mudah-mudahan cita-cita warga dusun bunbeleng bisa terwujud. Penggalangan pertama ini terbilang sangat sukses. Aksi ini akan tetap dilaksanakan dengan berbagai lokasi yang berbeda. “Kemerdekaan untuk Bun Beleng,” tegasnya. (007/010)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah