Published On: Fri, Apr 15th, 2016

Ratusan Warga Lombok Timur Terancam Kelaparan

dibaca 975 kali
Kondisi padai di Desa Perigi Keamatan Suela, telah mengalami kekringan.

Kondisi padai di Desa Perigi Keamatan Suela, telah mengalami kekringan.

RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Ratusan petani di Kabupaten Lombok Timur, terancam kelaparan karena tanaman padi mengalami gagal panen akibat minimnya curah hujan dan pasokan air.

Berdasarkan pantauan RADIO LOMBOK FM Kamis 14/4/2016, para petani di Desa Perigi, Desa Suntalangu, Mekarsari, Ketangga, Selaparang hanya bisa pasrah. Ratusan hektare tanaman padi termasuk jagung di sawah dipastikan gagal panen akibat kekeringan.

Para petani tak kuasa berupaya untuk mendapatkan air, sementara air hujan enggan membasahi persawahan. Bulir jagung  lebih kecil dari biasanya. Batang jagung dan padi menguning karena kering disengat matahari.

“padi mulai kering, begitu juga bulir jagung tidak normal. Sedangkan area persawahan yang sudah ditanami pun kering total,” kata seorang petani di Desa Perigi, Inaq Munirim Kamis 14/4/2016.

Sementara di tempat terpisah, Ali warga Desa Ketangga pada RADIO LOMBOK FM, 14/4/2016, ia mengatakan “para petani merugi, pasalnya hasil panen yang biasanya mereka dapatakan sekitar 10 kwintal kini mendapatkan  tiga kwintal saja” jelasnya.

Petani hanya bisa berharap segera ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Timur guna mengatasi gagal panen, yang bisa mengakibatkan terjadinya kelaparan warga. “kami sebagai masyarakat berharap ada solusi mengatasi persoalan para petani yang gagal panen dan terancam kelaparan” harap Rosdianto warga Desa Perigi. |006|020|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah