Published On: Wed, Aug 31st, 2016

Ratusan Anak Nikmati Story Keliling UPT Perpustakaan

dibaca 165 kali
Share This
Tags

stRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca sejak dini, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Unit Pelaksana Tugas (UPT) Perpustakaan Dikpora Lombok Tengah, melaksanakan kegiatan Story Keliling atau Dongeng Keliling keseluruh kecamatan se-Lombok Tengah.

Pada Kamis (25/08/2016) kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula UPT Dikpora Lombok Tengah yang diikuti ratusan siswa dan siswi Taman Kanak-Kanak (TK) se-kecamatan Praya Tengah.

Kepala UPT Dikpora Praya Tengah, Drs.H.Sayamsudin,M.Pd usai kegiatan Story Keliling ditempatnya itu mengatakan, kegiatan tersebut dinilai sangat positif karena bisa menggugah ketertarikan anak-anak sejak dini untuk melakukan dongeng.

”Bila anak-anak sudah tertarik dengan dunia dongeng, maka mereka akan tertarik untuk membaca,”Katanya. Untuk itu, H.Syamsudin berharap agar kegiatan tersebut bisa dilakukan secara terus menerus, bahkan volume kegiatanya ditambah.

Selain itu, tahun ini hanya sebagian siswa dan siswi TK saja yang baru bisa disentuh oleh kegiatan tersebut.”Untuk kecamatan Praya Tengah saja, harus dilaksanakan menjadi dua gelombang karena begitu banyak anak-anak kita yang bersekolah di usia dini ini,”Harapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan Dikpora, Zohran,S.Pd menjelaskan, untuk tahun 2016 ini, pihaknya mendapatkan anggaran hanya untuk 320 anak didik dengan sasaran siswa TK/RA,SD/MI kelas rendah yakni untuk kelas 1, 2 dan 3.

“Adapun harapan dari kegiatan ini, tak jauh beda seperti disampaikan oleh kepala UPT Dikpora Praya Tengah tadi agar begitu anak-anak ini bisa membaca langsung tertarik untuk membaca cerita,”Jelasnya.

Dalam sebuah cerita rakyat, selalu disertai dengan kisah-kisah inspiratif yang berisi nilai-nilai dan kearifan lokal dimana latar belakang daerah cerita rakyat tersebut dikisahkan.

Dengan demikian, bila anak-anak tersebut gemar membaca berita dan mendongeng, kepribadianya baiknya bisa terbentuk.

”Seperti nawacita presiden untuk revolusi mental. Maka melalui dongen ini kita mencoba membentuk kepribadian anak yang baik,”Terangnya.

Kegiatan tersebut lanjut Zohran, akan terus dilaksanakan hingga serapan anggaranya habis. Diakuinya kalau masih banyak siswa sasaran yang belum tersentuh dengan kegiatan tersebut.

Namun demikian, program tersebut akan terus dipertahankan oleh pihaknya agar seluruh sasaran bisa dijangkau.

”Tentu kami mengucapakan terimakasih banyak terhadap pemerintah daerah yang selalu mendukung kegiatan yang langsung menyentuh kepada masyarakat ini,”Pungkasnya. [001]

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah