Published On: Mon, Nov 16th, 2015

Rakom Terbentuk Sesuai Dengan Kebutuhan Komunitas

dibaca 477 kali
Share This
Tags

Kawit-Sasmita-bersama-lalu-LOMBOK UTARA, lombokfm.com – Radio Komunitas (Rakom) didirikan sesuai dengan kebutuhan komunitasnya, sehingga lima tahun lalu, masing-masing kecamatan didirikan rakom.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika pada Kantor Dishubkominfo, Kawit Sasmita, SH didepan pengurus Rakom se KLU, pada acara pelatihan etika jurnalistik dan teknis oprasional radio di aula kantor Dishubkominfo KLU, 16/11/15.

Menurut Kawit Sasmita, Rakom berdiri sesuai dengan kebutuhan komunitasnya dan dibatasi alat yang digunakan 50 watt dengan daya pancar 2,5 – 5 km.

Namun dampak dari perkembangan informasi dan teknologi, sekarang ini sangat sedikit sekali warga yang memiliki radio kecuali radio yang ada di handpone.

Dikatakan, Rakom harus terus dikembangkan, karena ini adalah kebutuhan masyarakat dan memiliki audiensi yang militan, serta satu-satunya hiburan bagi masyarakat itu sendiri.

Selain itu, Rakom juga harus terus membangun sinergi dengan semua SKPD yang ada di Kabupaten Lombok Utara untuk mensosialisasikan program yang dimilikinya melalui radio.

Sementara nara sumber, Lalu Supriadi dari RRI Mataram menceritakan perjalanan Rakom yang ada di KLU, yang ikut serta memperjuangkan pemekarakan dari kabupaten induk Lombok Barat menjadi Kabupaten Lombok Utara.

“Rakom ini berdiri sebelum KLU dimekarkan, sehingga Rakom waktu dijadikan sebagai media sosialisasi pemekaran oleh tim serta dari Rakom inilah para pengelola terus menyuarakan pemekaran KLU”, katanya.

Namun pada perkembangannya, setelah KLU dimekarkan menjadi sebuah kabupaten pada tahun 2008, pemerintah melupakan keberadaan Rakom, dan baru pada tahun 2013, Rakom kembali dilirik baik oleh Humas ataupun Kominfo KLU dengan memberikan dana suport pembinaan.

Pada tahun 2003, jumlah Rakom yang ada di KLU mencapai 17 pemancar. Tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi, satu-persatu rakom ini tumbang dan hingga tahun 2015 ini masih tersisa tiga rakom yaitu Primadona FM, Gema Pantura FM dan Gita Swara FM. |004|028

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah