Published On: Sat, Oct 24th, 2015

Puskesmas Senaru dan Bayan Gelar Pelatihan PMBA

dibaca 1,006 kali
Share This
Tags

kaderLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Bidan Puskesmas Senaru dan Bayan, 24/10/15, menggelar pelatihan konseling Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di aula kantor Puskesmas Senaru.

Salah satu nara sumber bidan teladan Pukesmas Bayan, Nurhayati kepada Lombok FM mengatakan, pelatihan konseling PMBA diselenggarakan kerjasama Dinas Kesehatan Lombok Utara dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Sehat dan Cerdas PNPM-GSC.

Tujuan pelatihan, agar para kader tersebut dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada ibu yang menyusui jika ada keluhan  sehingga dapat segera diberi tahu atau memberi solusi yang cepat.

Sementara Sri Nurnani didepan puluhan kader menjelaskan tanda-tanda  ibu sulit menyusui, diantaranya, payudaranya tidak mengeluarkan ASI, anaknya menangis karena kurang ASI, Berat badan bayi endah, BAB tidak mau keluar 1x sehari, dan bayi gelisah seta ASI tidak mau keluar.

Dalam hal ini, Sri Nurnani menyarankan agar ibu  tetap berusaha agar ASInya keluar dengan cara memerah dan merawat payudaranya dengan baik. “Ibu harus rutin makan minum sesuai pola makan untuk kesehatan ibu, memberi ASI kepada anaknya sesering mungkin setiap anak meminta, dan  hindari memberikan minuman selain ASI”, jelasnya.

Solusi lain agar  ibu sendiri merawat payudaranya dengan cara mengkompres  susunya dengan air hangat, rutin member ASI kepada bayinya, mengusap/ mengurut payudaranya dengan pelan pelan, dan memberikan  kedua susunya kepada bayi dengan cara bergantian.|004|107|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah