Published On: Mon, Sep 21st, 2015

Puluhan Merbot Dapat Pelatihan Pengaturan Berlalulintas

dibaca 444 kali
Share This
Tags

oooRADIO LOMBOK FM – Berbagai terobosan terus dilakukan Satuan Lalulintas Polres Lombok Tengah dalam mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Salah satunya pada Sabtu (20/9/2015), puluhan pengurus masjid yang masjidnya berada dipinggir jalan raya, mendapat pelatihan pengaturan lalulintas dan tindakan pertama ketika terjadi kecelakaan lalulintas.

Pada pelatihan yang digelar di Aula Mapolres Lombok Tengah tersebut, pengurus masjid atau merbot yang mendapat giliran pelatihan yakni dari masjid-masjid diwilayah Montong Gamang hingga Kecamatan Pringgarata.” Masjid-masjid diwilayah tersebut berada dipinggir jalan yang rentan terjadinya kecelakaan. Apalagi disetiap sholat 5 waktu pasti jamaah yang sholat menggunakan akses jalan tersebut. Inilah kenapa kita memilih pengurus masjid yang disana,”kata Kasatlantas Polres Lombok Tengah,Iptu.L.Ryan Aditya usai pelatihan dilaksanakan.

Ide memberikan pelatihan kepada para Marbot di masjid tersebut lanjut Kasat, karena terbatasnya anggota untuk melakukan pengaturan dan pengamanan diwilayah tersebut. “Kalau setiap waktu itu mengharapkan kehadiran polisi untuk melakukan pengaturan lalulintas, tentu tidak bisa karena keterbatasan anggota. Dengan rasio satu banding 700 orang masyarakat maka tidak bisa,”imbuhnya.

Untuk itulah pihaknya berinisiatif melakukan pelatihan tersebut yang sifatnya agar tidak hanya polisi saja yang bisa melakukan pengaturan lalu lintas, paling tidak dilingkungan sekitar dan utamanya di masjid. Berkoordinasi dengan camat dan kamtibmas yang ada diwilyah tersebut, tambah Kasalantas, mendapat data ada 22 masjid yang berada dipinggir jalan yang rawan lakalantas.” Pesertanya sebanyak 40 orang, 2 orang per masjid.”jelasnya.

Adapun tujuan pelaksanaan pelatihan itu lanjut Kasatlantas, agar saat terjadi kepadatan lalulintas dan banyaknya jamaah sedang banyak menggunkan akses jalan menuju ke masjid, para Marbot tersebut bisa mengendalikan laju lalulintas disekitar masjid.”Paling tidak mereka tahu bagaimana mengatur lalulintas dan begitu juga saat terjadi kecelakaan lalulintas mereka tahu tahu berbuat apa. Begitu juga saat tabrak lari mereka bisa cepat merespon ke kita,”terang kasatlantas.

Untuk mendukung pelaksaan pelatihan tersebut saat sudah turun di lkapangan nanti, para Marbot tersebut kemudian juga diberikan bantuan Alat Pemberi Isyarat Lalulintas (APIL) yang terdiri dari berbagai macam jenis.” Alat-alat itu sperti rompi khusus yang bila digunakan malam hari berpendar diterpa sinar. Ada juga lampu pengatur alulintas dan yang lainya. Mudahan saja ini bisa mengurangi angka kecelakaan didaerah kita ini,”harap Kasatlantas.|001|0130

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah